Get the Connx App

Click here to learn more

connx-coin 42

by Connx ● February 21, 2024

3 penyandang disabilitas lolos mengikuti seleksi sekolah polisi

● Society 5.0 0 303x bm-ic share-ic

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) kembali menggelar proses seleksi penerimaan anggota melalui Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) untuk Tahun Anggaran 2024. Seleksi ini terbuka bagi lulusan D4, Sarjana (S1), Sarjana Profesi (S1-Profesi), S2, dan S2 Profesi.

Sebanyak 226 peserta berhasil lolos ke tahapan seleksi tingkat pusat setelah menjalani serangkaian tes di Polda jajaran. Tahapan tersebut dilaksanakan di Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang, Jawa Tengah, pada tanggal 17 Februari 2024. 

Baca Juga: Renita Rismayanti diberi penghargaan Polwan terbaik PBB 2023

Yang menarik, untuk pertama kalinya, Polri memberikan kesempatan penerimaan anggota Polri bagi mereka yang berkebutuhan khusus dan penyandang disabilitas dengan kompetensi tertentu.

Dilansir dari Viva, keputusan untuk membuka kesempatan bagi penyandang disabilitas fisik didasarkan pada Undang-Undang Nomor 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Dasar hukum yang digunakan adalah Peraturan Kapolri Nomor 10 tahun 2016 tentang penerimaan anggota Polri.

Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (As SDM), Irjen Dedi Prasetyo, menyatakan bahwa antusiasme masyarakat terhadap kesempatan ini sangat tinggi, terbukti dengan jumlah peserta yang mencapai 1.251 pendaftar. Dari jumlah tersebut, 1.247 merupakan pendaftar jalur regular dan empat pendaftar berasal dari kelompok Disabilitas.

Untuk memastikan kelancaran proses seleksi, terutama bagi peserta disabilitas, Polri telah menyiapkan akomodasi dan sarana prasarana yang dibutuhkan. Saat ini, 226 calon siswa, termasuk tiga peserta disabilitas, sedang menjalani seleksi tingkat pusat.

Kepala Biro Pengendalian Personel (Karo Dalpers) SSDM Polri, Brigjen Pol Nurworo Danang, S.I.K., menambahkan bahwa Polri menerapkan prinsip BETAH (Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis) dalam pelaksanaan rekrutmen. 

Selain itu, komitmen Polri untuk memberikan peluang kepada kelompok disabilitas untuk menjadi personel Polri tidak hanya terbuka melalui jalur Perwira, tetapi juga melalui jalur Bintara Polri. Seleksi jalur Bintara direncanakan akan dimulai pada akhir Maret 2024.

Baca Juga: Animals Hope Shelter Indonesia rawat 226 ekor anjing dari selundupan

Langkah Polri ini disambut positif oleh Djoko Tri Saptono, Ketua UMKM Disabilitas kota Semarang, yang mengapresiasi kesempatan yang diberikan kepada penyandang disabilitas untuk berkontribusi dalam kepolisian.

Dengan demikian, langkah Polri ini diharapkan dapat memberikan kesempatan yang lebih luas dan inklusif bagi semua elemen masyarakat, termasuk mereka yang berkebutuhan khusus, untuk berkarir dan berkontribusi dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Jika Connx People suka dengan artikel ini, jangan lupa untuk share! Ayo baca artikel di Connx.id lainnya dan dapatkan pengalaman membaca berbeda dari yang lain. Di sini kamu bisa kumpulkan koin yang dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah menarik. 

Beri rating artikelnya!

Seberapa puaskah kamu?

coin

Selamat kamu berhasil dapetin Connx Coin! Terus explore untuk mendapatkan Coin lebih banyak!