Get the Connx App

Click here to learn more

connx-coin 34

by Connx ● January 31, 2024

Jokowi ubah nama hari libur Isa Almasih jadi Yesus Kristus

● Society 5.0 0 215x bm-ic share-ic

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengeluarkan Surat Keputusan Presiden (Keppres) yang mengubah istilah Isa Al Masih menjadi Yesus Kristus untuk penamaan hari libur nasional.

Dalam dokumen salinan dari Sekretariat Presiden di Jakarta pada Selasa, 29 Januari 2024, dijelaskan bahwa Keppres Nomor 8 Tahun 2024 tentang Hari-Hari Libur ditandatangani oleh Presiden Jokowi. Alasan di balik keputusan tersebut tercantum dalam dokumen tersebut, dengan tiga pertimbangan utama.

Baca Juga: Tarif kereta Whoosh berlaku dinamis, mulai 03 Februari 2024

Nomenklatur Baru Mencakup 16 Hari Libur

Pertimbangan pertama menyebutkan bahwa pengaturan hari libur saat ini tersebar di beberapa Keppres, sehingga diperlukan penyelarasan pengaturan. Pertimbangan kedua menyatakan bahwa pengaturan hari libur harus mencerminkan perkembangan dinamika masyarakat dan hukum. Sedangkan pertimbangan ketiga menyatakan bahwa, berdasarkan pertimbangan sebelumnya, diperlukan Keppres tentang Hari-Hari Libur.

Sebagai hasil dari pertimbangan tersebut, terjadi perubahan nomenklatur pada diktum kesatu angka 7, 8, 9, dan 10, yang kini mengacu pada Kelahiran Yesus Kristus, Wafat Yesus Kristus, Kebangkitan Yesus Kristus (Paskah), dan Kenaikan Yesus Kristus.

Nomenklatur baru ini mencakup 16 rangkaian hari libur, termasuk perayaan Tahun Baru Masehi, Tahun Baru Islam Hijriah, Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW, Idul Fitri (dua hari), Idul Adha, Maulid Nabi Muhammad SAW, Hari Suci Nyepi (Tahun Baru Saka), Hari Raya Waisak, Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus, Hari Lahir Pancasila 1 Juni, dan Hari Buruh Internasional 1 Mei.

Baca Juga: Konser dan pertandingan olahraga wajib punya asuransi

Dalam diktum keempat, Keppres Nomor 10 Tahun 1971 tentang Hari Wafat Isa Al-Masih dinyatakan dicabut dan tidak berlaku setelah Keppres ini berlaku.

Wakil Menteri Agama (Wamenag) Saiful Rahmat Dasuki menyatakan bahwa perubahan nomenklatur ini merupakan usulan dari umat Kristen dan Katolik, yang ingin mencerminkan keyakinan mereka terhadap kelahiran, wafat, dan kenaikan Yesus Kristus.

Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa bagikan! Ayo baca artikel di Connx.id dan dapatkan pengalaman membaca berbeda dari yang lain. Di sini kamu bisa kumpulkan koin yang dapat ditukarkan dengan beragam hadiah menarik.

Beri rating artikelnya!

Seberapa puaskah kamu?

coin

Selamat kamu berhasil dapetin Connx Coin! Terus explore untuk mendapatkan Coin lebih banyak!