Get the Connx App

Click here to learn more

connx-coin 40

by Connx ● January 30, 2024

Tarif kereta Whoosh berlaku dinamis, mulai 03 Februari 2024

● Economy 5.0 0 281x bm-ic share-ic

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengumumkan penerapan skema dynamic pricing atau tarif dinamis untuk perjalanan Kereta Cepat Whoosh, yang akan berlaku mulai 3 Februari 2024. Skema ini memungkinkan penumpang mendapatkan harga tiket yang lebih rendah saat keberangkatan pada waktu sepi dan harga lebih tinggi pada periode ramai, seperti hari libur.

Menurut General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa, skema baru ini memberikan fleksibilitas dengan adanya beberapa tarif yang berbeda dalam satu hari perjalanan Whoosh. Ini membuka peluang bagi penumpang untuk mendapatkan tiket dengan harga yang lebih terjangkau, terutama saat melakukan perjalanan pada waktu tertentu.

Baca Juga: Konser dan pertandingan olahraga wajib punya asuransi

Tarif Kereta Whoosh Mulai dari Rp 150 hingga Rp 250

Dalam skema ini, tarif kelas Premium Economy akan bervariasi antara Rp150 hingga Rp250 ribu. Sebuah perubahan signifikan dari sistem harga tetap sebelumnya, di mana tarif Senin-Kamis adalah Rp200 ribu dan Jumat-Minggu sebesar Rp250 ribu.

Faktor-faktor seperti jam sibuk atau jam nonsibuk, momen liburan atau nonliburan, serta hari kerja atau akhir pekan akan memengaruhi penetapan harga. Tarif akan cenderung lebih tinggi pada jam sibuk dan momen liburan.

Eva Chairunisa menegaskan bahwa minat masyarakat terhadap Kereta Cepat Whoosh masih tinggi, dengan okupansi saat ini berkisar antara 60-80 persen. Sejak beroperasi secara komersial tiga bulan lalu, sudah ada 1,4 juta penumpang yang dilayani.

KCIC tidak hanya mengandalkan strategi tarif dinamis untuk menarik penumpang, tetapi juga menjalankan berbagai upaya lainnya. Salah satunya adalah bekerja sama dengan destinasi wisata di Bandung. Penumpang Kereta Cepat bisa mendapatkan gratis tiket masuk atau diskon di beberapa destinasi wisata, serta potongan harga di tempat kuliner dan penginapan.

Baca Juga: Indonesia akan beri label warna untuk minuman kemasan seperti Singapura

Selain itu, KCIC berencana memperluas layanan penjualan tiket secara daring dan akan menghadirkan layanan refund melalui aplikasi, mempermudah penumpang yang ingin membatalkan tiket tanpa harus pergi ke loket. KCIC terus berkomitmen untuk memberikan pengalaman perjalanan yang lebih baik dan lebih terjangkau bagi masyarakat.

Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa bagikan! Ayo baca artikel di Connx.id dan dapatkan pengalaman membaca berbeda dari yang lain. Di sini kamu bisa kumpulkan koin yang dapat ditukarkan dengan beragam hadiah menarik.

Beri rating artikelnya!

Seberapa puaskah kamu?

coin

Selamat kamu berhasil dapetin Connx Coin! Terus explore untuk mendapatkan Coin lebih banyak!