Get the Connx App

Click here to learn more

connx-coin 39

by Connx ● January 30, 2024

Konser dan pertandingan olahraga wajib punya asuransi

● Society 5.0 0 207x bm-ic share-ic

Pemerintah Indonesia merencanakan penerapan kebijakan baru yang mewajibkan konser dan pertandingan olahraga untuk memiliki asuransi. Hal ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2024 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU PPSK), yang akan mengubah lanskap perlindungan risiko dalam acara-acara berskala besar.

Menurut undang-undang tersebut, aturan teknis terkait pembelian asuransi saat menonton konser atau pertandingan olahraga akan segera diterbitkan pada tahun 2024. Program Asuransi Wajib akan menjadi bagian integral dari upaya pemerintah untuk melindungi peserta dan penonton dalam kegiatan yang melibatkan kerumunan besar.

Baca Juga: Pemilu 2024, APMI minta tidak ada konser di bulan Februari dan Juni di Jakarta

Program Asuransi Wajib

Pembelian asuransi dalam rangka menyaksikan konser atau pertandingan olahraga dijadwalkan akan masuk dalam cakupan Program Asuransi Wajib. Kementerian Keuangan, bersama dengan otoritas terkait, akan bertanggung jawab mengembangkan aturan teknis dan melaksanakan kebijakan ini.

UU PPSK memberikan kewenangan kepada pemerintah untuk meminta keterlibatan kelompok tertentu dalam masyarakat untuk berpartisipasi dalam Program Asuransi Wajib, serta membayar premi atau kontribusi sebagai sumber pendanaan. Program ini diarahkan untuk memberikan perlindungan dari risiko tertentu, termasuk aspek-aspek seperti kecelakaan dan bencana.

Asuransi yang diperlukan melibatkan berbagai jenis, termasuk asuransi tanggung jawab hukum pihak ketiga terkait kecelakaan lalu lintas, asuransi kebakaran, dan asuransi rumah tinggal terhadap risiko bencana.

Meskipun detail peraturan teknis masih dalam proses penyusunan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan bahwa Program Asuransi Wajib ini memiliki potensi untuk diperluas, termasuk ke dalam kategori acara besar seperti konser dan pertandingan olahraga yang mengumpulkan orang banyak.

Baca Juga: Gen Z memilih "bekerja untuk hidup" daripada "hidup untuk bekerja"

Kepala Eksekutif Pengawasan Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun OJK, Ogi Prastomiyono, menyatakan bahwa pihaknya aktif terlibat dalam proses pembahasan dan penyusunan peraturan pelaksana untuk memastikan keberlangsungan program ini.

Diharapkan, peraturan tersebut akan segera diterbitkan pada tahun 2024 untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menciptakan lingkungan yang lebih aman dalam berpartisipasi dalam acara berskala besar.

Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa bagikan! Ayo baca artikel di Connx.id dan dapatkan pengalaman membaca berbeda dari yang lain. Di sini kamu bisa kumpulkan koin yang dapat ditukarkan dengan beragam hadiah menarik.

Beri rating artikelnya!

Seberapa puaskah kamu?

coin

Selamat kamu berhasil dapetin Connx Coin! Terus explore untuk mendapatkan Coin lebih banyak!