Get the Connx App

Click here to learn more

connx-coin 50

by Connx ● January 31, 2024

Neuralink berhasil menanamkan chip di otak manusia

● Tech 5.0 0 278x bm-ic share-ic

Pada penghujung tahun ini, miliarder dan pengusaha Elon Musk mengumumkan pencapaian revolusioner oleh perusahaannya di bidang neuroteknologi, Neuralink. Dalam pengumumannya, Musk menyatakan bahwa Neuralink berhasil menanamkan chip di otak manusia untuk pertama kalinya, membuka jalan menuju era baru penggabungan antara manusia dan teknologi.

Baca Juga: Elon Musk akui mobil listrik China jadi ancaman

Terobosan Teknologi Neuralink

Neuralink, yang didirikan oleh Elon Musk dengan tujuan mengembangkan teknologi yang memungkinkan integrasi antara otak manusia dan komputer, mencapai pencapaian luar biasa dengan menanamkan chip di otak seseorang. Menurut Musk, chip ini memiliki potensi untuk mengontrol perangkat elektronik, seperti ponsel atau komputer, hanya dengan menggunakan pikiran.

Pengumuman ini menjadi sorotan karena menandai langkah signifikan dalam pengembangan neuroteknologi. Musk mengungkapkan melalui cuitannya bahwa manusia pertama yang menerima implan produk Neuralink sudah pulih dengan baik. Hasil awal menunjukkan deteksi lonjakan neuron yang menjanjikan, membuka berbagai kemungkinan baru dalam bidang pengembangan otak dan antarmuka manusia-mesin.

Telepathy: Produk Pertama Neuralink

Elon Musk juga memperkenalkan produk pertama Neuralink yang diberi nama "Telepathy." Chip ini tidak hanya diumumkan sebagai eksperimen ilmiah semata, tetapi sebagai langkah nyata dalam memberikan solusi kepada individu yang kehilangan fungsi anggota tubuhnya. Telepathy memungkinkan pengguna untuk mengendalikan perangkat elektronik hanya dengan berpikir, membuka pintu bagi kemungkinan komunikasi dan kontrol yang lebih efisien.

Pengguna Awal dan Manfaat Potensial

Musk menekankan bahwa pengguna awal dari produk ini akan terutama mencakup mereka yang mengalami kehilangan fungsi anggota tubuh, seperti pasien dengan cedera tulang belakang leher atau penyakit ALS. Dengan bantuan chip Neuralink, mereka dapat memperoleh kembali kontrol atas perangkat elektronik mereka, memberikan tingkat kemandirian yang lebih tinggi.

Selain itu, Musk mengajak netizen untuk membayangkan dampak positif pada komunikasi bagi individu dengan kondisi serupa dengan Stephen Hawking. Dengan chip ini, individu yang mengalami kesulitan berkomunikasi karena keterbatasan fisik dapat mengakses alat-alat komunikasi lebih cepat dan efisien.

Proses dan Persetujuan Regulasi

Proses pemasangan chip Neuralink dilakukan melalui pembedahan di bagian otak yang mengontrol gerakan. Robot dipergunakan untuk memasang chip, merekam, dan mengirim sinyal otak ke sebuah aplikasi. Meskipun mencapai pencapaian luar biasa, Neuralink tidak lepas dari tantangan dan pengawasan regulasi.

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) memberikan izin kepada Neuralink untuk melakukan uji coba pada manusia, dan perusahaan telah menghadapi sejumlah tuntutan terkait protokol keselamatan. Meskipun demikian, Neuralink terus maju dengan visinya untuk membantu individu dengan kebutuhan kesehatan yang khusus.

Baca Juga: Friendster kembali, bangkitkan kenangan anak 90an

Masa Depan Neuralink

Pencapaian Neuralink dalam menanamkan chip di otak manusia membuka jalan menuju perkembangan lebih lanjut dalam neuroteknologi. Rencana Neuralink untuk melibatkan pasien dengan cedera tulang belakang leher atau ALS sebagai partisipan penelitian selama enam tahun menunjukkan komitmen mereka untuk memahami dampak jangka panjang dari teknologi ini.

Dengan nilai perusahaan yang mencapai sekitar $5 miliar dan dukungan investor yang kuat, Neuralink memasuki masa depan dengan harapan untuk merancang solusi inovatif yang dapat meningkatkan kualitas hidup individu yang mengalami berbagai tantangan kesehatan. Meskipun masih terdapat tantangan dan pertanyaan etis yang harus dijawab, pencapaian ini memberikan pandangan lebih dekat terhadap masa depan yang dijanjikan oleh neuroteknologi.

Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa bagikan! Ayo baca artikel di Connx.id dan dapatkan pengalaman membaca berbeda dari yang lain. Di sini kamu bisa kumpulkan koin yang dapat ditukarkan dengan beragam hadiah menarik.

Beri rating artikelnya!

Seberapa puaskah kamu?

coin

Selamat kamu berhasil dapetin Connx Coin! Terus explore untuk mendapatkan Coin lebih banyak!