Get the Connx App

Click here to learn more

connx-coin 42

by Connx ● February 09, 2024

Desain medali untuk Olimpiade Paris 2024 resmi dirilis

● Sports 5.0 0 124x bm-ic share-ic

Pada hari Kamis, 8 Februari, panitia penyelenggara Olimpiade Paris 2024 secara resmi merilis desain medali untuk ajang olahraga paling bergengsi di dunia tersebut. Dengan antusiasme yang tinggi, para penggemar olahraga dan masyarakat umum akhirnya dapat melihat bagaimana medali-medali tersebut akan terlihat saat diperebutkan oleh para atlet di panggung internasional.

Desain medali ini menarik perhatian karena bahan unik yang digunakan untuk membuatnya: potongan logam yang diambil dari struktur legendaris, Menara Eiffel. Sebanyak 5.084 keping medali emas, perak, dan perunggu akan memiliki bentuk segi enam yang didesain oleh rumah perhiasan Prancis, Chaumet.

Baca Juga: Final Piala Dunia 2026 akan diselenggarakan di New York

Memiliki Bobot Setengah Kilogram 

Tony Estanguet, ketua panitia penyelenggara lokal, menyatakan, "Kami ingin menawarkan kepada semua peraih medali di Olimpiade dan Paralimpiade Paris sepotong Menara Eiffel dari 1889. Itu akan menjadi kombinasi logam paling berharga dari medali emas, perak, dan perunggu dengan logam paling berharga di negara kami, dari harta karun yaitu Menara Eiffel."

Desain segi enam medali ini mencerminkan simbolisme yang mendalam. Selain menampilkan latar belakang lingkaran yang berkilau, segi enam tersebut juga digunakan untuk menggambarkan kontur daratan Prancis. Potongan logam yang diambil dari gudang di Paris yang digunakan untuk menyimpan potongan oleh perusahaan pengelola Menara Eiffel menambahkan elemen sejarah yang kaya pada setiap medali.

Thierry Reboul, Direktur Branding Olimpiade Paris, menjelaskan, "Kami menggunakan potongan-potongan ini. Jumlahnya lebih dari cukup." Medali-medali tersebut diperkirakan memiliki bobot sekitar setengah kilogram, memberikan kehadiran fisik yang kuat dan berkesan bagi para atlet yang berhasil meraihnya.

Logam Daur Ulang

Dengan pengumuman ini, Paris 2024 menjadi bagian dari sejarah dengan menghadirkan medali Olimpiade yang memadukan simbolisme modern dengan warisan sejarah yang tak terlupakan. 

Baca Juga: Nike kembali hadirkan Field General 82 dalam warna putih merah

Sebagai kelanjutan dari inisiatif sebelumnya di Olimpiade Tokyo 2020, yang menggunakan logam daur ulang dari sampah elektronik untuk setiap medali, langkah ini menegaskan komitmen global terhadap keberlanjutan dan inovasi dalam ajang olahraga yang mempersatukan seluruh dunia. 

Dengan demikian, medali-medali Olimpiade Paris 2024 tidak hanya menjadi penghargaan bagi prestasi atlet, tetapi juga menjadi simbol semangat, kebanggaan, dan persatuan di antara bangsa-bangsa.

Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa bagikan! Ayo baca artikel di Connx.id dan dapatkan pengalaman membaca berbeda dari yang lain. Di sini kamu bisa kumpulkan koin yang dapat ditukarkan dengan beragam hadiah menarik. 

 

Beri rating artikelnya!

Seberapa puaskah kamu?

coin

Selamat kamu berhasil dapetin Connx Coin! Terus explore untuk mendapatkan Coin lebih banyak!