Get the Connx App

Click here to learn more

connx-coin 37

by Connx ● April 03, 2023

Apo Whang-Od, 106 tahun, jadi orang tertua yang tampil di cover Vogue

● Pop Culture 1.0 1 843x bm-ic share-ic

Siapa yang tidak mengenal Vogue? Vogue merupakan majalah mode yang populer yang dikenal oleh masyarakat dunia. Vogue sering menampilkan perempuan dengan berbagai latar belakang budaya dan usia yang berbeda-beda untuk menjadi sampul modelnya. Pada April 2023, Vogue Filipina mengangkat isu kecantikan dan menampilkan mambabatok Kalinga (ahli tato tradisional), Apo Whang-Od untuk cover majalah mereka. 

"Dipuji sebagai mambabatok yang terakhir dari generasinya, ia menjadi maskot suku Kalinga, yang melambangkan kekuatan, keberanian, dan kecantikan, pada kulit ribuan orang yang berziarah ke Buscalan," tulis Vogue Filipina di Instagram, Kamis (30/3/2023).

Berusia 106 tahun, Apo Whang-Od mencetak sejarah sebagai orang tertua yang menghiasi sampul Vogue mana pun. Pada sampul majalah Vogue tersebut, terlihat bahwa Apo Whang-Od sedang berpose duduk dalam balutan tank top hitam dan rok berwarna merah bergaya etnik. Atasan yang terbuka memperlihatkan tato indah yang menghiasi sekujur tangan Apo. 

Apo Whang-Od dikenal juga sebagai Maria Oggay digambarkan sebagai sosok mambabatok terakhir dan tertua. Apo tinggal di desa Buscalan, sekitar 15 jam dari Manila, Filipina. Sejak usianya 16 tahun, Apo sudah mulai menato kulit menggunakan alat yang sangat halus dan membutuhkan tangan yang terampil. 

Pada saat itu, Apo menjadi mambabatok betina pertama dan satu-satunya. Dibawah bimbingan sang Ayah, Apo memulai karirnya sebagai ahli tato tradisional Kalinga. Biasanya, Apo menato simbol suci leluhur pada orang-orang yang akan melewati ambang batas kehidupan mereka. Misalnya seperti pria yang menjadi pemburu kepala. Untuk perempuan, tato ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kesuburan dan kecantikan.

Sejak tahun 1900-an, pengayauan telah dilarang di Filipina, dan Apo menerima klien yang berbeda seperti turis yang datang mengunjungi desanya di Buscalan. Seni batok ini pun hanya bisa diwariskan kepada orang yang memiliki hubungan darah. Karena Apo tidak pernah memiliki anak sendiri, Apo memilih untuk mewariskan kerajinan itu kepada cucu dari saudaranya yang bernama Grace Palicas yang saat ini berusia 26 tahun. 

Apo Whang-Od dan Grace Palicas (image via Vogue Filipina)

 

Sumber: Mashable, Detik

Beri rating artikelnya!

Seberapa puaskah kamu?

photo profile

[email protected]

e

28 February 2024

coin

Selamat kamu berhasil dapetin Connx Coin! Terus explore untuk mendapatkan Coin lebih banyak!