Get the Connx App

Click here to learn more

connx-coin 39

by Connx ● December 29, 2022

Porsche rancang lampu depan yang bisa ubah malam menjadi siang

● Automotive 5.0 0 1,1k bm-ic share-ic

Pengemudi suatu hari nanti dapat melihat Porsche dari jauh, bahkan di malam hari.

Pembuat mobil Jerman itu telah menciptakan apa yang disebutnya sebagai "teknologi lampu terbaik di generasi ini.”

“Elemen inti dari inovasi yang dibuat bekerja sama dengan mitra adalah sebuah chip yang menggabungkan lebih dari 16.000 mikro-LED yang dapat dikontrol secara individual ke area permukaan seukuran thumbnail,” tulis Hermann-Josef Stappen, Juru Bicara Riset dan Pengembangan dan Komunikasi Teknologi di Porsche.

Penemuan ini menghadirkan penerangan yang dua kali lebih terang dari distribusi cahaya beresolusi tinggi yang dibuat untuk kendaraan terkemuka, ujar Porsche. Dua unit 'matriks HD', sebagaimana teknologinya disebut, ditempelkan ke setiap headlamp, dan berjumlah empat modul inovatif per mobilnya.

“Karena lampu depan matriks HD hanya mengaktifkan piksel yang benar-benar dibutuhkan pada saat tertentu, mereka mengonsumsi energi jauh lebih sedikit [daripada] sistem resolusi tinggi lainnya, sementara jumlah cahayanya tetap sama,” jelas Stappen.

Saking terangnya lampu sen itu, mereka mampu membuat malam menjadi siang hari di malam hari untuk jarak hingga 600 meter. Tapi meskipun sangat terang, lampu ini juga sangat hemat energi. 

“Karena lampu depan matriks HD hanya mengaktifkan piksel yang benar-benar dibutuhkan pada saat tertentu, mereka mengonsumsi energi jauh lebih sedikit [daripada] sistem resolusi tinggi lainnya, sementara jumlah cahayanya tetap sama,” jelas Stappen.

Porsche mengakui bahwa ada cara untuk lebih meningkatkan pencahayaan, tetapi perusahaan itu juga mempertimbangkan persyaratan untuk mobilnya sendiri, yang akan mendapat manfaat terbaik dari konfigurasi LED matriks HD 16.384 piksel per modul, menciptakan total “32.768 piksel yang dapat dikontrol secara individu per lampu depan.”

“Teknologi baru harus menggabungkan kebutuhan yang berbeda, dan kadang bertentangan, dalam satu sistem,” jelas Stappen.

Dengan demikian, Porsche memanfaatkan simulasi pra-desain untuk menganalisis desain sistem keseluruhan mana yang paling sesuai dengan semua persyaratan termasuk kebutuhan pelanggan. Hal ini membuat perusahaan memilih teknologi LED matriks HD yang baru dan efisien dengan 16.384 piksel per modul daripada resolusi maksimum yang secara teknis lebih layak. 

Kerennya lagi, pengemudi dapat Pengemudi mengontrol bagaimana cahaya didistribusikan untuk menyesuaikan visibilitas terbaik dalam situasi apa pun. Ini hanyalah salah satu dari banyak inovasi yang telah diinvestasikan oleh Porsche.

 

Sumber: DesignTaxi

Beri rating artikelnya!

Seberapa puaskah kamu?

coin

Selamat kamu berhasil dapetin Connx Coin! Terus explore untuk mendapatkan Coin lebih banyak!