Get the Connx App

Click here to learn more

connx-coin 35

by Connx ● April 12, 2024

Arus Balik Lebaran 2024 Terjadi pada Tanggal 13-16 April

● Business 5.0 0 107x bm-ic share-ic

Arus balik Lebaran 2024 diprediksi akan berlangsung mulai tanggal 13 hingga 16 April mendatang. Berbagai persiapan telah dilakukan oleh berbagai pihak terkait untuk memastikan kelancaran dan keselamatan perjalanan selama masa arus balik.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy melakukan peninjauan serta rapat koordinasi di Kantor Jasa Marga KM 70, Cikampek, Jawa Barat, pada Kamis (11/4). Dalam rapat tersebut, berbagai stakeholder seperti Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, Kepolisian RI, Jasa Marga, Jasa Raharja, dan ASDP memaparkan rencana operasional untuk arus balik Lebaran.

Baca Juga: Survei Kemenhub: Lebaran 2024 Diprediksi Jadi Musim Mudik Terpadat Sepanjang Sejarah

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkoordinasi dan berkolaborasi dalam menyukseskan arus mudik Lebaran 2024. Salah satu indikator keberhasilan adalah meningkatnya kecepatan waktu tempuh. Menhub juga mengimbau para pemudik untuk kembali lebih awal, dengan memilih hari Sabtu sebagai pilihan ideal untuk kembali ke kota asal.

Namun, dalam rapat tersebut juga disoroti beberapa permasalahan yang muncul, seperti perilaku pemudik yang tidak disiplin terutama di pelabuhan penyeberangan. Menko PMK Muhadjir Effendy menegaskan pentingnya kesadaran dan kedisiplinan pemudik agar arus balik dapat berjalan lancar dan tertib.

Baca Juga: UNESCO Mengakui Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha atas Usul Indonesia

Arus balik Lebaran memiliki karakteristik yang berbeda dengan arus mudik, dimana gerakan arusnya bersifat sentripetal, yang bergerak menuju titik pusat seperti ibukota dan sekitarnya. Oleh karena itu, kesadaran dan kedisiplinan pemudik sangat diperlukan agar pelayanan dapat optimal dan arus balik dapat berjalan dengan lancar.

Diharapkan dengan persiapan yang matang dan kesadaran semua pihak, arus balik Lebaran 2024 dapat berjalan dengan lancar dan aman bagi semua pemudik yang akan kembali ke tempat asalnya.

Jika Connx People suka dengan artikel ini, jangan lupa untuk share! Ayo baca artikel di Connx.id lainnya dan dapatkan pengalaman membaca berbeda dari yang lain. Di sini kamu bisa kumpulkan koin yang dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah menarik.

Beri rating artikelnya!

Seberapa puaskah kamu?

coin

Selamat kamu berhasil dapetin Connx Coin! Terus explore untuk mendapatkan Coin lebih banyak!