Get the Connx App

Click here to learn more

connx-coin 50

by Connx ● November 30, 2022

KN atau KIA? Rebranding baru mobil dari Korea yang membingungkan

● Automotive 5.0 0 6,0k bm-ic share-ic

Pada Januari 2021, perusahaan pembuat mobil Kia mendesain ulang logo "KIA" yang sebelumnya dapat dikenali, menjadi desain yang lebih ‘stylish’. 

Lewat desain terbarunya, KIA menghilangkan garis besar oval yang telah menjadi ciri khas perusahaan sejak 1994, sedangkan tulisan KIA diubah menjadi lebih minimalis, dengan menggunakan garis vertikal dan diagonal untuk membuat kesan lebih eksklusif dan premium.

Image via Kia

Namun perubahan tersebut benar-benar membingungkan orang-orang, menurut The Drive. Dan orang yang bingung pun bukan segelintir saja, melainkan puluhan ribu.

Sebanyak 30,000 orang telah mengunjungi search bar google setiap bulan untuk mencari “mobil KN” semenjak rebranding logo tersebut diluncurkan, di mana kenaikan pencarian dimulai saat Kia Stinger memasuki pasar dengan logo baru.

“Saya hanya ingin menekankan seberapa banyak 30,000 orang itu sebenarnya. Itu berarti 360,000 orang setiap tahun, 986 orang per hari, 41 orang per jam, dan satu orang setiap menit,” dilansir dari The Drive.

Kia Mengganti Logo Dan Slogan

Image via Carvaganza

Dikutip dari detik, data Google Trends menunjukkan fenomena ini tidak hanya terbatas di Amerika Serikat, karena orang-orang di Australia, Kanada, dan Inggris juga melakukan penelusuran seperti "KN SUV", "harga merek mobil KN", dan "mobil KN merek listrik". Kata kunci lain di antaranya "Apa itu merek mobil KN", "mobil Karnaval KN", "Apa itu KN", dan "mobil KN Telluride". 

Logo baru tersebut juga disorot oleh beberapa outlet industri pada saat pertama kali diungkapkan. Tetapi, ada beberapa ahli yang tidak setuju kalau logo ini membingungkan. 

Ed Kim, presiden dan kepala analis di perusahaan riset dan konsultan, AutoPacific, mengatakan kepada Entrepreneur bahwa traffic pencarian dari logo Kia yang membingungkan mungkin menguntungkan bagi Kia.

“Kalau [logo barunya] cukup terlihat di mata orang-orang sehingga mereka mau untuk melakukan pencarian di google, saya berani mengatakan kalau logo tersebut telah berhasil melakukan tugasnya,” ujarnya kepada Entrepreneur.  

Pengguna Twitter Ashwinn Krishnaswamy menjadi orang yang pertama kali menyadari tren Kia dan KN ini. 

Kia didirikan pada tahun 1944 dan dimiliki oleh Hyundai Motor Group yang berbasis di Korea Selatan. Setelah memfokuskan investasinya untuk merancang mobil-mobil, perusahaan tersebut melakukan perubahan brand yang luar biasa, beralih dari mobil entry-level di tahun 2000-an hingga saat ini berhasil memiliki tingkatan kualitas kendaraan yang luar biasa, menurut Popular Mechanic.

Perusahaan tersebut memperkenalkan logo baru pada Januari 2021, mengatakan kalau logo baru itu "melambangkan transformasi masa depan brand."

"Garis logo yang tak terputus menyampaikan komitmen Kia untuk menghadirkan momen-momen inspirasi, sementara hurufnya yang simetris menunjukkan kepercayaan diri," ujar siaran pers resmi dari Kia.

Namun tampaknya logo baru tersebut tidak disukai oleh setiap pelanggan. Seperti yang dicatat The Drive, ada beberapa thread Reddit yang membahas masalah ini.

Di forum Reddit "R/what is this car" seseorang mengunggah foto Kia dengan logo baru, dan seseorang menulis, "Ini logo baru mereka."

"Terima kasih! Saya rasa saya tidak suka dengan logo barunya," jawab pengunggah aslinya. Beberapa pengguna memang mengatakan mereka menyukainya.

Dua komentar teratas di utas Reddit lainnya menambahkan: "Saya benci logo baru itu. Setiap kali saya melihatnya, saya melihat KN, bukan Kia.

Orang lain ada yang menanggapi komentar tersebut: "Sama. Saya harus mencari logo mobil KN di Google untuk mencari tahu apa itu sebenarnya. Saya pikir itu adalah sesuatu yang baru." 

Meskipun begitu, ada juga orang yang tidak setuju dengan anggapan bahwa logo itu jelek. Di komentar Twitter Krishnaswamy, beberapa orang mengatakan kalau logo itu merupakan logo yang indah dan tidak sulit untuk dibaca. 

Ed Kim, menambahkan bahwa menurutnya perubahan logo tersebut masuk akal dalam konteks peralihan Kia ke mobil yang lebih premium, terutama dengan dirilisnya model mobil Telluride berperingkat tinggi pada tahun 2019 untuk tahun 2020. Kia Telluride sendiri akan dirilis pada 2023 dan penjualannya dimulai dari harga $35.690.

"Saya pikir logo itu cocok dengan di mana merek Kia berada sekarang dan kemana merek itu akan membawanya ke depan," kata Kim. "Mobil-mobil menjadi jauh lebih menarik dan bahkan lebih mewah," tambahnya.

Kalau menurutmu bagaimana? Apakah ini merupakan blunder dari perusahaan manufaktur mobil tersebut, atau memang merupakan 'kesalahan' yang disengaja agar orang mencari tahu lebih tentang mobil-mobil mereka?

 

Sumber: Detik, Entrepreneur, The Verge

Beri rating artikelnya!

Seberapa puaskah kamu?

coin

Selamat kamu berhasil dapetin Connx Coin! Terus explore untuk mendapatkan Coin lebih banyak!