Get the Connx App

Click here to learn more

connx-coin 50

by Connx ● August 08, 2022

Kisah Oprah, dari Seorang Pembantu Sampai Punya Pendapatan Sebesar Rp37 Triliun

● Entrepreneur 5.0 1 24,3k bm-ic share-ic

Oprah Winfrey adalah salah satu sosok paling terkenal di dunia. Sekarang ini, kamu tinggal menyebutkan nama Oprah dan orang-orang akan tahu Oprah siapa yang dimaksud. Memang prestasinya tidak main-main. Menjadi pengusaha bukan hal yang mudah, banyak rintangan yang harus dilewati Oprah. Awalnya menemukan ketenaran di seluruh dunia dengan acara "The Oprah Winfrey Show," Oprah Winfrey mungkin selalu tampak ditakdirkan untuk menjadi bintang, tetapi perlu diketahui bahwa Oprah berasal dari latar belakang yang sangat sederhana.

Lahir di pedesaan Mississippi dari seorang ibu remaja yang belum menikah, Oprah dibesarkan dalam kemiskinan dan mengalami pelecehan seksual selama bertahun-tahun. Ketika masih kecil, karena ibunya tidak memiliki uang untuk merawat Oprah, Oprah tinggal bersama neneknya yang bekerja sebagai pembantu, dan ia pun dulu mengikuti jejak neneknya dan bekerja sebagai pembantu juga. Neneknya tidak memiliki ekspektasi yang besar untuk Oprah, tapi Oprah dari kecil sudah memiliki mimpi yang tinggi.

Oprah banyak berpindah-pindah tempat tinggal bersama berbagai keluarga, dan selama fase ini, Oprah mengalami banyak perlakuan tidak mengenakkan dari keluarganya sendiri. Beberapa kali dia dilecehkan oleh sepupunya, dan ibunya sendiri tidak membela dan membantunya.

Sampai akhirnya dia bisa menemukan situasi hidup yang lebih permanen dan aman di tempat tinggal ayahnya. Pada usia 14 tahun, perpindahan tempat tinggal itu mengubah jalan hidup Oprah. Ia berkembang pesat di sekolah menengah dan mendapatkan penghargaan dan mendapatkan beasiswa penuh ke Universitas Negeri Tennessee (Tennessee State University).

Ketika menjalani kuliah di Universitas Negeri Tennessee, Oprah memutuskan untuk mendalami dunia media. Ia menjadi perempuan kulit hitam pertama yang menjadi pembawa berita sebelum umur 20 tahun. Di usia 17 tahun, ia mendapatkan pekerjaan sebagai pembawa berita di stasiun radio Nashville WVOL. Oprah memang pandai berbicara, dan karena bakatnya itu dia berhasil dilirik oleh berbagai media televisi. 

Tidak lama setelah itu, Oprah mendapatkan pekerjaan sebagai wakil pembawa berita di TV, tepatnya di Channel 5 CBS. Pada akhirnya, ia menjadi pembawa berita TV termuda dalam sejarah stasiun tersebut. Oprah merasa bahagia dan kalau dunia TV adalah tempat dimana dia seharusnya berada.

"It felt like breathing. It felt like this is where I'm supposed to be." - Oprah

Tapi semuanya tidak berjalan dengan lancar. Ketika bekerja disana, Oprah banyak dipermalukan dan beberapa kali mengalami insiden pelecehan seksual. Ia dipecat 8 bulan setelah bekerja disana. Namun meskipun Oprah dipecat, ia dengan cepat bisa mencari pekerjaan baru. 

Tidak lama setelah dikeluarkan dari pekerjaannya di stasiun itu, dia mendapatkan pekerjaan sebagai pembawa acara talk show pagi yang hampir hancur, bernama “AM Chicago”, dan berhasil mengubahnya menjadi talk show lokal nomor satu hanya dalam waktu beberapa bulan.

Karena banyak penonton yang menyukai Oprah, ratings acara talkshow tersebut naik. Bahkan acara tersebut berhasil mengalahkan legenda talk show pagi Phil Donahue dan dengan cepat melampaui jumlah penontonnya, dimana hal tersebut mengejutkan semua orang.

Pada tahun 1986, program tersebut diganti namanya menjadi “The Oprah Winfrey Show”. Acara itu kemudian menjadi acara talkshow dengan peringkat tertinggi dalam sejarah televisi Amerika. Prestasi itu menaikkan nama Oprah dan membuatnya mendapatkan pendapatan satu juta dolar pertamanya. Tetapi meskipun sudah mendapatkan rekognisi, “The Oprah Winfrey Show” hanyalah permulaan dari karir dia yang panjang.

Sejak saat itu, Oprah telah terlibat dalam berbagai film, serial televisi, dan drama. Ia juga mendapatkan nominasi Academy Award dan Golden Globe untuk debut akting dia di film  "The Color Purple” pada tahun 1985.

Selain berakting di depan layar, Oprah juga banyak membangun usaha media. Beberapa usaha media yang ia bangun adalah Harpo Studios, O Magazine, Oxygen Media, OWN - Oprah Winfrey Network, Oprah's Book Club dan Oprah's Favorite Things

Hari ini, Oprah memiliki kekayaan bernilai $2,5 miliar, atau setara dengan Rp37 triliun dan telah membangun salah satu personal brand paling kuat di dunia. Tidak mudah untuk Oprah bisa sampai disini, dan pada umur 68, ia terlihat masih semangat untuk melanjutkan karirnya sebagai pengusaha media.

Beri rating artikelnya!

Seberapa puaskah kamu?

photo profile

Isra

Bagus

21 June 2023

coin

Selamat kamu berhasil dapetin Connx Coin! Terus explore untuk mendapatkan Coin lebih banyak!