Get the Connx App

Click here to learn more

connx-coin 27

by Connx ● February 02, 2023

Kemendag dan Google Indonesia lakukan kerjasama untuk perkuat sistem ekonomi digital

● Economy 5.0 0 1,0k bm-ic share-ic

Kementerian Perdagangan menginisiasi kerjasama dengan Google Indonesia sebagai upaya untuk memperkuat ekosistem perdagangan digital di Indonesia. Kerjasama tersebut dilakukan untuk mendorong peningkatan kinerja perdagangan digital khususnya niaga elektronik atau e-commerce peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM).

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Kebijakan Perdagangan, Dr. Kasan, saat melakukan pertemuan dan diskusi dengan Google Indonesia dalam acara RAKIT atau Rancang Kemajuan Indonesia dalam Teknologi Digital yang diadakan pada hari Selasa tanggal 31 Januari lalu. 

Dalam diskusi tersebut, Dr. Kasan menyampaikan untuk kemajuan niaga digital maka dari itu dibutuhkan kerjasama dan kolaborasi konkret dengan para pemangku kepentingan seperti Google Indonesia.

Dr. Kasan juga menyampaikan pemerintah khususnya Kementerian Perdagangan perlu bekerja sama dengan Google Indonesia sebagai perusahaan teknologi informasi berskala internasional dalam mengembangkan ekosistem perdagangan digital Indonesia. Hl tersebut karena Google memiliki ‘big data’ ekonomi digital dan secara rutin merilis laporan e-Conomy SEA Report sejak 2016.

Kemendag berharap dengan adanya kerjasama ini dapat meningkatkan kapasitas SDM dan pemanfaatan teknologi serta alat analisis Google dan dapat mendukung Kementerian Perdagangan dalam menghasilkan rumusan kebijakan yang sesuai dengan tren dan perkembangan perdagangan digital.

Direktur Hubungan Pemerintah dan Kebijakan Publik Google Indonesia Putri Alam menyambut dengan baik inisiatif kerjasama antara Kemendag dengan Google Indonesia. Program Google Indonesia terkait perdagangan antara lain mendukung pengembangan bisnis lokal dan UMKM, serta mendukung riset di bidang ekonomi digital.

Melalui beberapa program tersebut Google Indonesia dapat terus berkolaborasi dengan pemerintah dan dunia usaha agar bisa meningkatkan daya saing usaha di Indonesia.

Beri rating artikelnya!

Seberapa puaskah kamu?

coin

Selamat kamu berhasil dapetin Connx Coin! Terus explore untuk mendapatkan Coin lebih banyak!