Get the Connx App

Click here to learn more

connx-coin 33

by Connx ● January 10, 2024

Warga diimbau waspada, Gunung Lewotobi, Flores masuki level awas

● Environment 5.0 0 360x bm-ic share-ic

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah meningkatkan status Gunung Lewotobi di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), dari siaga (level III) menjadi awas (level IV) sejak Selasa, 9 Januari 2024, pukul 23.00 WITA. Langkah ini diambil menyusul adanya peningkatan aktivitas vulkanik yang signifikan selama periode tersebut.

Masyarakat yang berada di sekitar Gunung Lewotobi, khususnya Desa Dulipali, Kecamatan Ile Bura, diimbau untuk segera meninggalkan atau mengosongkan area tersebut. Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Lewotobi, Herman Yosep, mengkonfirmasi bahwa Desa Dulipali, dari peta Kawasan Rawan Bencana (KRB), harus dikosongkan sebagai tindakan pencegahan.

Baca Juga: Kejadian langka, dokter di China temukan golongan darah P

Berdasarkan pemantauan visual selama 1-9 Januari 2024, terdeteksi adanya aktivitas vulkanik Gunung Lewotobi Laki-laki. Peningkatan tinggi kolom erupsi mencapai maksimum 1.500 meter dari pusat erupsi yang terletak di area barat laut-utara kawah. Selain itu, sinar api terlihat di kawah utama, dan lontaran lava pijar dari puncak gunung juga teramati.

Aktivitas tremor juga terus mengalami peningkatan amplitudo, menunjukkan adanya peningkatan energi erupsi. Melihat potensi bahaya ini, Herman mengimbau agar masyarakat tidak melakukan aktivitas apa pun dalam radius 4 kilometer dari pusat erupsi dan sektoral 5 kilometer pada arah barat laut-utara.

Baca Juga: Soekarno-Hatta resmikan 78 autogate, jadi bandara terbanyak autogate

PVMBG dan Balai Pemantauan Gunung Api dan Mitigasi Bencana Gerakan Tanah Nusa Tenggara tetap melakukan pemantauan intensif. 

Melansir dari Antara, upaya penyampaian informasi dan peringatan terus dilakukan demi keselamatan masyarakat yang berada di sekitar Gunung Lewotobi. Tetaplah terhubung dengan sumber informasi resmi untuk mendapatkan pembaruan terkini terkait situasi gunung api ini.

Jika kamu suka dengan artikel ini jangan lupa bagikan! Ayo baca artikel di Connx.id dan dapatkan pengalaman membaca berbeda dari yang lain. Di sini kamu bisa kumpulkan koin yang dapat ditukarkan dengan beragam hadiah menarik.  

Beri rating artikelnya!

Seberapa puaskah kamu?

coin

Selamat kamu berhasil dapetin Connx Coin! Terus explore untuk mendapatkan Coin lebih banyak!