Get the Connx App

Click here to learn more

connx-coin 26

by Connx ● January 09, 2023

Plat nomor kendaraan akan dipasang chip dan QR Code

● Tech 5.0 0 1,4k bm-ic share-ic

Korlantas Polri tengah mengembangkan teknologi terbaru yakni pemasangan chip dan QR code pada plat nomor kendaraan. Chip tersebut nantinya akan dipasang pada plat nomor mobil dan sepeda motor, meski demikian belum ada kabar lebih lanjut terkait teknologi tersebut dari pihak Korlantas.

Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi menjelaskan pemasangan chip dan QR code bertujuan untuk memberi kemudahan kepada para polisi memantau data kendaraan melalui kamera ETLE. Hal tersebut akan memudahkan polisi untuk membedakan plat nomor kendaraan asli atau palsu lewat sistem ETLE atau tilang elektronik.

“Kami sedang mengembangkan plat nomor dengan QR code dan chip untuk mengetahui plat nomor kendaraan itu asli atau palsu,” kata Firman, Selasa 3 Januari 2023 dilansir dari PRFM News.

Firman melanjutkan, kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas masih rendah. Karena tiket manual telah dihapus dan ETLE telah dioptimalkan, banyak orang mencoba mengakalinya dengan cara-cara yang ilegal.

Dia mengatakan petugas sering menemukan pengendara menghindari plat nomor mereka dibaca oleh kamera ETLE dengan melepas plat mereka.

Selain itu, ada juga masyarakat yang menggunakan plat nomor kendaraan tidak sesuai standar atau palsu yang dibeli dari pedagang kaki lima yang ada di jalanan.

Untuk itu, dia mengimbau masyarakat untuk tidak membeli plat nomor palsu yang dijual di pasar. Firman mengatakan, Polri akan segera meningkatkan kualitas plat nomor agar ke depan tidak akan ada pembiaran terhadap penggunaan plat nomor yang tidak sesuai standar.

 

Sumber: Kompas, Pikiran Rakyat Media Network

Beri rating artikelnya!

Seberapa puaskah kamu?

coin

Selamat kamu berhasil dapetin Connx Coin! Terus explore untuk mendapatkan Coin lebih banyak!