Get the Connx App

Click here to learn more

connx-coin 34

by Connx ● October 02, 2023

Mengapa Hari Batik Nasional jatuh tanggal 2 Oktober?

● History 5.0 0 1,9k bm-ic share-ic

Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya, dan salah satu warisan budaya yang paling berharga adalah batik. Batik menjadi bagian integral dari budaya Indonesia yang digunakan dalam berbagai ritual, upacara adat, atau bahkan menjadi pakaian sehari-hari. Batik bukan hanya sekadar kain yang indah, tetapi juga simbol identitas budaya yang mempesona. 

Setiap tahun pada tanggal 2 Oktober, masyarakat Indonesia memperingati ‘Hari Batik Nasional’ untuk menghormati dan mempromosikan keindahan serta makna di balik kain tradisional ini. ‘Hari Batik Nasional’ juga menjadi kesempatan untuk merayakan warisan budaya Indonesia yang kaya. Lantas, mengapa tanggal 2 Oktober diperingati sebagai ‘Hari Batik Nasional’?

Merujuk pada laman detik.com, Kemdikbud menjelaskan bahwa penetapan tanggal 2 Oktober sebagai ‘Hari Batik Nasional’ tidak terlepas dari keputusan Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB atau UNESCO yang menetapkan Batik Indonesia sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan budaya takbenda. Batik didaftarkan pemerintah ke UNESCO dan berhasil masuk dalam daftar Warisan Budaya TakBenda dari Indonesia yang ditetapkan UNESCO pada 4 September 2008. Kemudian, 9 Januari 2009 UNESCO menerima pendaftaran tersebut secara resmi dan dilakukan pengujian tertutup pada 11 – 14 Mei 2009 oleh UNESCO di Paris.

Usai melewati beberapa rangkaian seleksi, UNESCO pun mengukuhkan Batik Indonesia dalam daftar representatif Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan takbenda pada tanggal 2 Oktober 2009 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Dengan demikian, Pemerintah Indonesia lantas menerbitkan Keppres No 33 Tahun 2009 yang menetapkan Hari Batik Nasional dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap upaya perlindungan dan pengembangan batik Indonesia.

Pengakuan ini menegaskan pentingnya batik dalam mewakili identitas budaya Indonesia yang kaya. Batik tidak hanya sebagai kain yang indah tetapi juga sebagai ekspresi seni yang unik dan penjagaan nilai-nilai budaya yang khas. Salah satu cara untuk merayakan Hari Batik Nasional adalah dengan mengenakan batik dalam kehidupan sehari-hari. Ini adalah bentuk dukungan kita terhadap pelestarian dan promosi batik sebagai bagian penting dari warisan budaya Indonesia.

Beri rating artikelnya!

Seberapa puaskah kamu?

coin

Selamat kamu berhasil dapetin Connx Coin! Terus explore untuk mendapatkan Coin lebih banyak!