Get the Connx App

Click here to learn more

connx-coin 35

by Connx ● November 30, 2023

Jokowi rencanakan regulasi pajak film dan tiket bioskop

● Film And TV 5.0 0 368x bm-ic share-ic

Presiden Jokowi akan menerbitkan regulasi soal pajak film di Indonesia. Hal itu diungkap Menteri BUMN (Badan Usaha Milik Negara), Erick Thohir. 

Erick menyatakan konsistensi harga tiket film akan diterapkan di seluruh Indonesia mengikuti aturan pajak film Indonesia, kebijakan ini berbula setelah ia bertemu dengan sineas film Indonesia di Kementerian BUMN. Keberpihakan negara pada industri film nasional merupakan hasil yang diharapkan dari pertemuan tersebut.

"Kita sebagai pemerintah menstandarisasi pajak film untuk di seluruh daerah. Bahwa seluruh pungutan pajak, karcis bioskop itu sama di semua daerah," kata Erick Thohir dikutip dari akun instagram pribadinya, Selasa (28/11).

Nantinya, Perusahaan Produksi Film Negara alias PFN, yaitu BUMN yang bergerak di bidang perfilman Indonesia, akan mendapat penerimaan pajak tersebut.

"Harus ada Peraturan Presiden (Perpres) yang bisa memayungi seluruh ekosistem dari segi perpajakan, perizinan, dan pendanaan," terangnya.

Melansir dari Kumparan, sejauh ini pajak film yang diberlakukan ke tiket bioskop menjadi bagian dari pajak daerah yang diatur dengan Perda (Peraturan Daerah). Bagian pajak ini termasuk dalam bidang pajak hiburan, termasuk dipungut pada spa, tempat karaoke, dan fasilitas hiburan lainnya. Pajak yang dipungut oleh masing-masing pemerintah daerah berbeda-beda, seringkali antara 10 hingga 15 persen.

Selain pemasaran dan perizinan, tiga kendala utama yang dihadapi industri film Indonesia adalah persoalan pajak dan tiket. PFN akan menghubungkan para pembuat film dengan calon investor untuk membantu pendanaan.

"Sementara untuk perizinan, saya bersama kementerian dan lembaga lain akan berkoordinasi untuk memangkas regulasi agar produksi film bisa lebih efisien," katanya.

Saat ini, 64 persen film yang diputar di bioskop merupakan produksi nasional. Menurut Erick, angka ini harus dijaga kuantitas dan kualitasnya, supaya film nasional tetap menjadi berjaya di negeri sendiri.

Cukup mengejutkan ya kabar soal pajak pada tiker bioskop ini, bagaimana opinimu terkait wacana pemungutan pajak ini?

Nikmati pengalaman membaca yang istimewa di Connx.id, hanya bersama Connx kamu bisa mengoleksi koin untuk ditukar dengan beragam hadiah menarik.

 

Beri rating artikelnya!

Seberapa puaskah kamu?

coin

Selamat kamu berhasil dapetin Connx Coin! Terus explore untuk mendapatkan Coin lebih banyak!