by Connx ● February 13, 2023

13 Februari 2004: Berlian terbesar di alam semesta ditemukan

● History 5.0 0 1,3k bm-ic share-ic

Pada tanggal 13 Februari 2004, sebuah penemuan yang mengejutkan dunia ilmu pengetahuan telah diumumkan. seorang astronom yang bekerja pada Observatorium Bimbingan X-ray (Chandra) pada Lembaga Ilmu Pengetahuan Nasional (NASA) telah menemukan berlian terbesar yang pernah ditemukan dalam alam semesta. Berdasarkan hasil observasi Chandra, berlian ini memiliki ukuran sekitar 10.000 kilometer, atau sekitar setengah ukuran bulan kita.

Berlian ini terletak di tengah bintang yang dikenal sebagai BPM 37093, yang berada jauh, sekitar 50.000 tahun cahaya dari Bumi. BPM 37093 adalah bintang yang besar dan kaya karbon, membuat berlian terbentuk di dalamnya. menurut para ilmuwan, fenomena ini mungkin merupakan hasil dari proses yang sangat jarang dan unik, seperti kolaps bintang yang menyebabkan bahan-bahan dalam bintang terkompresi dan dipanaskan hingga membentuk berlian.

Image via sinarplus.sinarharian.com

Penemuan ini sangat penting bagi para astronom dan ilmuwan, memberikan wawasan baru tentang bagaimana bintang dan planet dalam alam semesta dapat terbentuk dan evolusi. Ini juga membuka peluang untuk penemuan bahan-bahan unik dan bernilai tinggi di dalam alam semesta, seperti berlian.

Meskipun berlian ini sangat besar dan berharga, tidak mungkin untuk diambil dan digunakan oleh manusia. Berlian ini berada jauh di dalam bintang dan tidak dapat diambil tanpa membahayakan bintang itu sendiri.

Penemuan berlian terbesar dalam alam semesta ini merupakan pemandangan spektakuler bagi dunia astronomi. Para ilmuwan terus melakukan observasi dan penelitian untuk mempelajari lebih lanjut tentang berlian ini dan bagaimana hal-hal seperti ini dapat terjadi dalam alam semesta. Ini adalah momen yang menakjubkan dalam sejarah astronomi, dan pasti akan memberikan inspirasi dan wawasan baru bagi generasi ilmuwan masa depan.