Get the Connx App

Click here to learn more

connx-coin 50

by Connx ● December 20, 2022

Treecard, kartu debit kayu yang memiliki misi untuk menyelamatkan bumi

● Environment 5.0 0 2,9k bm-ic share-ic

Treecard, sebuah startup fintech yang berbasis di London telah mengkonsepkan ulang kartu debit, alat yang sangat penting bagi kehidupan kita sehari-hari tapi sayangnya menggunakan bahan plastik yang merusak lingkungan.

Desain kartunya yang minimalis dan aestetik tidak hanya menarik selera desain penggemar MUJI saja, tapi dengan bahan yang terbuat dari kayu kartu debit ini bertujuan untuk memberi kembali kepada planet ketika kamu menggesek atau menempel kartunya. 

Image via treecard

Treecard dapat berfungsi dengan penuh, dan dapat digunakan di mana saja di negara yang menerima MasterCard. Kartu debit ini terhubung ke rekening bank pengguna yang ada dan kompatibel dengan dompet digital termasuk Apple Pay, Google Pay, dan Samsung Pay. 

Tentu saja ada alasan kuat bahwa kartu kredit dan debit selalu terbuat dari plastik. Bahannya lebih disukai karena murah untuk diproduksi dan memiliki ketahanan yang kuat terhadap goresan di saku. Khususnya, dalam hal daya tahan, kartu debit kayu tidak akan sekuat bahan plastik, meskipun Treecard mengatakan mereka telah diuji untuk bertahan dalam penggunaan sehari-hari, termasuk di ATM.

Karena terbuat dari bahan organik, kartu kayu yang apik perlu ditangani dengan lebih hati-hati dibandingkan dengan kartu debit yang berbasis bahan bakar fosil. Pemilik disarankan untuk tidak merendam, membengkokkan, atau menggosok Treecard mereka untuk memaksimalkan penggunaannya.

Menanggapi kekhawatiran bahwa membuat kartu debit dari pohon malah tetap merusak lingkungan  intinya, Treecard menjelaskan bahwa membuatnya dari bahan organik dan daur ulang adalah pilihan yang lebih ramah lingkungan secara keseluruhan. “Kayu adalah bahan yang bagus untuk digunakan jika bersumber secara berkelanjutan dan inti kartu terbuat dari botol plastik daur ulang,” ujar perusahaan.

Satu pohon ceri yang diperoleh perusahaan secara berkelanjutan dari Inggris, dapat digunakan sebagai bahan untuk lebih dari 300.000 kartu debit kayu, “yang berarti kami tidak perlu menggunakan lebih dari beberapa pohon untuk kartu kami,” kata Treecard.

Treecard juga mengambil langkah lain untuk membantu keberlanjutan dengan menanam pohon untuk setiap US$50 yang dihabiskan menggunakan kartu. Kartu itu ditenagai oleh search engine nirlaba Ecosia, yang mengawasi proyek penanaman pohon di lebih dari 30 negara, termasuk Burkina Faso, Brasil, Kolombia, Etiopia, Ghana, Haiti, Indonesia, Kenya, Madagaskar, Maroko, Nikaragua, Peru, Senegal, Spanyol, Tanzania, dan Uganda. Bersama-sama, kedua berharap untuk “membangun ekosistem yang bertanggung jawab untuk alternatif bagi layanan setiap hari seperti bank dan pencarian internet.”

80% dari merchant fee juga akan didedikasikan untuk dana reboisasi, dan Treecard berjanji untuk tidak pernah memberikan pendapatannya kepada proyek yang memungkinkan pembangkitan atau penggunaan bahan bakar fosil atau kegiatan deforestasi.

Image via Treecard 

Pelanggan akan menerima hadiah-hadiah seperti seperti retret rumah pohon, tiket masuk gratis ke taman-taman nasional (AS), dan wisata pemandangan dengan kayak transparan. Benefit ini akan tersedia bagi pengguna AS untuk saat ini, meskipun Treecard berencana untuk memperluas manfaat bagi konsumen Eropa saat kartu tersebut diluncurkan secara global.

 

Sumber: DesignTaxi

Beri rating artikelnya!

Seberapa puaskah kamu?

coin

Selamat kamu berhasil dapetin Connx Coin! Terus explore untuk mendapatkan Coin lebih banyak!