Get the Connx App

Click here to learn more

connx-coin 42

by Connx ● December 14, 2023

Setelah 10 tahun, batik Sekar Arum Sari akan jadi seragam baru jemaah Haji 2024

● Fashion 5.0 0 506x bm-ic share-ic

Seragam resmi jemaah haji tahun 2024 telah ditentukan, yaitu Batik Sekar Arum Sari. Pengumuman peluncuran seragam ini dilakukan oleh Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas.

Desain batik ini dipilih melalui Sayembara Desain Batik Jemaah Haji Indonesia yang berlangsung sejak bulan Agustus 2023. Pemenang sayembara tersebut adalah Sony Adi Nugroho, yang menciptakan desain batik Sekar Arum Sari.

"Malam ini kita meluncurkan batuk baru untuk jemaah haji. Kita tahu, jemaah haji bukan hanya spiritual saja, mereka juga sekaligus menjadi duta. Sepantasnya pakaian yang akan digunakan adalah pakaian yang mewakili Indonesia," ujar Yaqut, Selasa (12/12), mengutip laman resmi Kementerian Agama RI.

Tidak hanya sebagai pakaian resmi untuk jemaah haji, pemenang sayembara juga diumumkan akan menerima penghargaan atau hadiah sebesar Rp78 juta sebagai bentuk apresiasi.

"Tapi yang paling penting, insya Allah juga yang buat dan mendesain mendapat amal saleh dari batik yang digunakan oleh para jemaah," tambah Yaqut.

Batik Sekar Arum Sari yang jadi seragam haji 2024 ini mengusung warna ungu dan terinspirasi oleh berbagai elemen seperti melati putih, motif batik Kawung, Truntum, songket, serta burung Garuda. Desain ini terpaut pada filosofi melati putih, lambang nasional yang mencerminkan kesucian, keagungan, kesederhanaan, ketulusan, keindahan, dan rendah hati.

Batik Sekar Arum Sari ini akan menggantikan seragam sebelumnya yang telah digunakan sejak 2021. Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah, Hilman Latief, berpendapat bahwa batik sebelumnya tidak sepenuhnya mencerminkan identitas Indonesia.

"Batik sebelumnya sudah lebih 10 tahun digunakan, dan ternyata belum sepenuhnya mewakili identitas Indonesia. Banyak yang belum mengenali seragam batik Indonesia. Karena itu, kami menyelenggarakan sayembara untuk batik baru," ujar Hilman.

Batik Sekar Arum Sari yang akan menjadi seragam jemaah haji 2024 akan diproduksi menggunakan teknik cap. Proses pembuatan batik ini akan melibatkan sejumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang memenuhi kriteria sesuai standar yang telah ditetapkan oleh Kementerian Agama.

"Akan melibatkan banyak UMKM untuk membuatnya. Ini juga bentuk kepedulian kita terhadap UMKM," pungkas Hilman.

Semoga Batik Sekar Arum Sari tidak hanya menjadi seragam perjalanan, tetapi juga menjadi simbol keindahan, kesucian, dan kebesaran hati bagi para jemaah haji tahun 2024. Dengan melibatkan banyak UMKM, semoga produksinya memberikan dampak positif bagi masyarakat lokal.

Jelajahi sensasi membaca yang unik di Connx.id, hanya dengan menggunakan Connx, kamu dapat mengumpulkan koin untuk menukarkannya dengan beragam hadiah menarik.

Beri rating artikelnya!

Seberapa puaskah kamu?

coin

Selamat kamu berhasil dapetin Connx Coin! Terus explore untuk mendapatkan Coin lebih banyak!