Get the Connx App

Click here to learn more

connx-coin 43

by Connx ● February 22, 2024

Satelit Merah Putih 2 milik Telkom berhasil meluncur pakai Roket SpaceX

● Society 5.0 0 354x bm-ic share-ic

Telkom Indonesia mencapai tonggak sejarah dalam upaya teknologi satelitnya ketika satelit Merah Putih 2 berhasil diluncurkan dengan menggunakan roket Falcon 9 milik SpaceX. Peluncuran bersejarah ini berlangsung pada Selasa siang waktu Amerika Serikat, atau Rabu pagi pukul 03.11 WIB pada tanggal 21 Februari 2024.

Kerjasama antara Telkom dan SpaceX menandai kemajuan signifikan dalam upaya eksplorasi luar angkasa Indonesia dan infrastruktur telekomunikasi. Roket Falcon 9, yang terkenal karena keandalan dan efisiensinya, memberikan dorongan yang diperlukan untuk mendorong satelit Merah Putih 2 ke angkasa.

Baca Juga: Transformasi digital, cara Kominfo bantu pengadaan Smart City

Merah Putih 2, yang dinamai dari warna Bendera Indonesia, siap meningkatkan konektivitas dan layanan telekomunikasi di seluruh kepulauan Indonesia. Dengan teknologi canggihnya dan penempatan strategis di orbit, satelit ini menjanjikan akses internet yang lebih baik dan kemampuan komunikasi kepada daerah-daerah terpencil dan kurang terlayani.

Setelah peluncuran yang sukses, Merah Putih 2 dijadwalkan mencapai orbit yang ditentukan pada bulan Maret dan mulai beroperasi pada bulan April, seperti yang diumumkan oleh CEO Telkom, Ririek Adriansyah, dalam Konferensi Pers yang diselenggarakan pada hari peluncuran. 

Adriansyah memaparkan jadwal aktivasi satelit tersebut, menyatakan, "Setelah mencapai orbit final pada tanggal 3 Maret, tahap pengujian di orbit akan memakan waktu sekitar 3-4 minggu. Satelit Merah Putih 2 akan siap digunakan pada awal April 2024."

Ditempatkan di slot orbit 113 BT (Bumi Termasuk) di atas Kalimantan, pada ketinggian sekitar 36.000 kilometer di atas permukaan laut, Merah Putih 2 berada dalam posisi strategis untuk memberikan cakupan yang komprehensif dan mendukung berbagai sektor, termasuk telekomunikasi, penyiaran, dan layanan internet.

Baca Juga: NASA berencana luncurkan satelit kayu untuk penerbangan lebih sustainable

Peluncuran yang sukses dari Merah Putih 2 dengan menggunakan roket Falcon 9 milik SpaceX menegaskan kerja sama yang semakin erat antara entitas publik dan swasta dalam memajukan eksplorasi luar angkasa dan teknologi satelit. Ini juga menyoroti komitmen Indonesia dalam memanfaatkan kemampuan luar angkasa untuk kepentingan warganya dan pembangunan ekonomi.

Saat Indonesia terus memeluk transformasi digital dan konektivitas menjadi semakin penting untuk pertumbuhan ekonomi dan pembangunan masyarakat, satelit Merah Putih 2 merupakan langkah maju yang signifikan dalam perjalanan negara ini menuju masa depan yang lebih terhubung dan canggih secara teknologi.

Jika Connx People suka dengan artikel ini, jangan lupa untuk share! Ayo baca artikel di Connx.id lainnya dan dapatkan pengalaman membaca berbeda dari yang lain. Di sini kamu bisa kumpulkan koin yang dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah menarik.

Sumber: CNBC Indonesia 

Beri rating artikelnya!

Seberapa puaskah kamu?

coin

Selamat kamu berhasil dapetin Connx Coin! Terus explore untuk mendapatkan Coin lebih banyak!