Get the Connx App

Click here to learn more

connx-coin 29

by Connx ● August 28, 2023

Pemerintah wacanakan larangan Haji lebih dari satu kali

● Society 5.0 0 747x bm-ic share-ic

Pemerintah kini menerbitkan wacana untuk membuat batasan haji bagi setiap jemaah yang mendaftar program haji. Batasan yang akan ditetapkan pemerintah khususnya bagi jemaah yang sudah naik haji agar tidak haji untuk kedua kalinya.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, alasan kemunculan wacana pembatasan haji ini untuk mempersingkat antrian bagi calon jemaah haji. Sebagaimana yang diketahui, kini antrean haji sudah sangat panjang bahkan hingga puluhan tahun.

Image courtesy: kemenkopmk.go.id

Dilansir dari asumsi, Muhadjir berpendapat bahwa wacana ini diusulkan agar calon jemaah yang belum menunaikan haji sama sekali dapat diprioritaskan. Ini akan lebih baik dibanding memberikan kesempatan kedua bagi jemaah yang sudah pernah melaksanakan haji.

“Wacana ini perlu dibahas karena jemaah haji yang semakin menua berimplikasi terhadap kesehatan” ujar Muhadjir saat menyampaikan keterangan pers. Hal ini tidak lepas dari fakta bahwa sejumlah jemaah haji adalah lansia.

Meskipun belum diimplementasikan, wacana ini telah Muhadjir sampaikan Seminar Nasional Kesehatan Haji yang dilaksanakan pada Kamis, 24 Agustus lalu. Lebih lanjut Muhadjir juga menyampaikan bahwa permasalahan kesehatan akan menjadi momok besar bagi calon jemaah yang masih menunggu antrean haji. Panjangnya antrean ini dikhawatirkan menambah risiko bagi calon jemaah ketika tiba jadwal keberangkatannya. 

Berdasarkan data penyelenggaraan haji tahun 2023, sebanyak 43,78 persen dari total jemaah haji adalah lansia diatas 60 tahun. Lalu 774 jemaah meninggal di musim haji tahun ini atau setara dengan 3,38 permil dari keseluruhan jemaah lansia.

Melihat dari data tersebut, secara biologis jemaah lansia beresiko 7,1 kali lebih besar untuk meninggal dibanding jemaah non lansia. Berbagai faktor seperti infeksi organ ataupun sakit jantung menjadi penyakit yang dapat menyerang jemaah haji lansia.

Beri rating artikelnya!

Seberapa puaskah kamu?

coin

Selamat kamu berhasil dapetin Connx Coin! Terus explore untuk mendapatkan Coin lebih banyak!