Get the Connx App

Click here to learn more

connx-coin 34

by Connx ● June 10, 2024

Karbikes, Kendaraan Hybrid Kombinasi Antara Sepeda dan Mobil Listrik

● Inventions 5.0 0 53x bm-ic share-ic

Karbikes adalah kendaraan berkonsep baru yang bertujuan untuk mencapai arah transportasi tanpa emisi di masa depan. Didesain oleh Christopher Santerre bersama Gaëlle Richard dan Lucas Vançon, Karbikes mengusung konsep kendaraan hybrid yang menggabungkan model kendaraan antara sepeda pengangkut barang dan electric micro-city car. Kendaraan ini ditujukkan untuk beroperasi sebagai alat transportasi di lingkungan kota kecil, perumahan, hingga pedesaan.

Mengedepankan konsep keberlanjutan, efisien namun tetap nyaman. Karbikes menggabungkan mobilitas sepeda dan kenyamanan sebuah mobil menjadi satu kendaraan unik yang ramah lingkungan untuk kebutuhan sehari-hari. Kendaraan ini memiliki desain roda empat yang ditopang rangka baja layaknya sebuah mobil, lalu dibalut dengan bodi kendaraan yang terbuat dari ultra-light aluminum shell atau lembaran alumunium super ringan. Semua fitur tersebut bertujuan untuk memberikan perlindungan dari angin dan hujan yang jadi masalah pada sepeda konvensional.

Image by Karbikes

Memiliki dimensi lebar 800 mm dan mampu mencapai kecepatan hingga 25km per jam, Karbikes menawarkan solusi untuk transportasi yang efisien di dalam kota. Kendaraan ini tidak meninggalkan dna-nya sebagai sepeda, dibekali dengan bantuan daya sebesar 250w saat pengayuhan pedal dan baterai sebesar 1,240Wh, Karbikes memiliki daya tempuh awal sejauh 75 kilometer. Namun jarak tempuh tersebut dapat bertambah berkat bentuk bodi yang aerodinamis, dikombinasikan dengan pedal kayuh, panel surya yang terinstal dan sistem energy recovery saat pengereman.

Fitur lainnya adalah kendaraan ini memiliki ruang bagasi luas yang dapat memuat barang bawaan seberat 150 kilogram atau volume maksimal hingga 400 liter. Ruang bagasi di belakang supir ini juga dapat berubah fungsi menjadi tempat duduk penumpang. Karbikes mampu mengangkut 1 orang dewasa atau 2 anak-anak di bagian ruang penumpangnya.

karbikes merges bicycle & electric car for a zero emission commute

Image by Karbikes

Perusahaan yang berbasis di Strasbourg, Prancis ini rencananya akan mulai memproduksi 10 unit Karbikes untuk tahap pertama yang akan didistribusikan secara lokal di akhir tahun ini. Sementara secara bertahap akan mulai menaikkan jumlah produksinya dengan target ratusan unit per tahun. 

Beri rating artikelnya!

Seberapa puaskah kamu?

coin

Selamat kamu berhasil dapetin Connx Coin! Terus explore untuk mendapatkan Coin lebih banyak!