Get the Connx App

Click here to learn more

connx-coin 32

by Connx ● February 16, 2024

Jepang resmi tergelincir ke dalam resesi

● Economy 5.0 0 363x bm-ic share-ic

Pada tanggal 15 Februari, pemerintah Jepang mengumumkan bahwa ekonomi negara itu telah resmi tergelincir ke dalam resesi setelah mengalami dua kuartal berturut-turut mengalami kontraksi pada kuartal ketiga dan keempat tahun sebelumnya.

Menurut data yang dirilis, ekonomi Jepang menyusut sebesar 0,4 persen secara tahunan pada periode Oktober-Desember. Penurunan ini disebabkan oleh belanja konsumen yang lemah, yang turut menyebabkan Produk Domestik Bruto (PDB) riil mengalami penyusutan sebesar 0,1 persen dari kuartal sebelumnya.

Baca Juga: Rumor merger dengan Grab, Saham GoTo kian melonjak

Konsumsi swasta, yang merupakan kontributor terbesar terhadap PDB Jepang, turut mengalami penurunan sebesar 0,2 persen pada periode yang sama, menandai penurunan selama tiga kuartal berturut-turut. Hal ini dipengaruhi oleh kenaikan inflasi yang berlanjut sementara upah riil terus menurun.

Dilansir dari Antara, Investasi bisnis juga mengalami kontraksi sebesar 0,1 persen, sementara impor mengalami ekspansi sebesar 1,7 persen dan ekspor tumbuh sebesar 2,6 persen.

Meskipun terjadi kontraksi selama dua kuartal terakhir tahun sebelumnya, secara keseluruhan ekonomi Jepang tumbuh sebesar 1,9 persen secara riil sepanjang tahun 2023, dengan pertumbuhan nominal sebesar 5,7 persen.

Dalam perkembangan terpisah, Jepang kehilangan posisinya sebagai negara dengan ekonomi terbesar ketiga di dunia, yang kini ditempati oleh Jerman. PDB nominal Jepang untuk tahun 2023, yang tidak disesuaikan dengan inflasi, tercatat sebesar 591,48 triliun yen, atau setara dengan 4,21 triliun dolar AS. Hal ini lebih kecil dibandingkan dengan ukuran ekonomi Jerman yang mencapai 4,46 triliun dolar AS.

Baca Juga: Istana negara dan hotel di IKN siap digunakan pada Agustus 2024

Pengumuman ini menunjukkan tantangan ekonomi yang dihadapi oleh Jepang dan menggarisbawahi perlunya langkah-langkah kebijakan yang tepat untuk mendukung pemulihan ekonomi negara tersebut.

Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa bagikan! Ayo baca artikel di Connx.id dan dapatkan pengalaman membaca berbeda dari yang lain. Di sini kamu bisa kumpulkan koin yang dapat ditukarkan dengan beragam hadiah menarik.

Beri rating artikelnya!

Seberapa puaskah kamu?

coin

Selamat kamu berhasil dapetin Connx Coin! Terus explore untuk mendapatkan Coin lebih banyak!