Get the Connx App

Click here to learn more

connx-coin 35

by Connx ● December 12, 2023

Indonesia mendapat apresiasi dalam COP28 UNFCCC atas aksi iklim

● Environment 5.0 0 995x bm-ic share-ic

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menyebutkan dunia memuji Indonesia atas aksi iklim dalam World Climate Action Summit (WCAS) 2030 yang menjadi rangkaian agenda COP 28 UNFCCC di Dubai beberapa waktu lalu. Langkah Indonesia dalam mengurangi tingkat emisi dinilai tepat dalam mengatasi perubahan iklim.

Dilansir dari Good News From Indonesia, delegasi Indonesia dalam WCAS 2030 COP 28 UNFCCC diwakili oleh Presiden Joko Widodo yang didampingi oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, serta Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Mansury. Dalam pernyataan nasional COP 28 UNFCCC, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa Indonesia telah berkomitmen dan terus berupaya keras untuk mencapai net zero emission pada tahun 2060 atau bahkan lebih awal. Hal ini dibuktikan dengan pencapaian penurunan emisi karbon melalui perbaikan pengelolaan Forest & Other Land Use (FOLU) dan percepatan transisi energi menuju Energi Baru Terbarukan pada tahun 2020-2022.

Laksmi Dhewanthi selaku Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menjelaskan bahwa penyampaian mengenai keberhasilan tersebut tentu didukung oleh data dan informasi yang akurat, transparan, dan kredibel. Merujuk pada Detik, pada rentang waktu tersebut Indonesia berhasil menurunkan emisi karbon sebesar 42% melalui perbaikan pengelolaan Forest & Other Land Use (FOLU) serta mempercepat transisi energi menuju Energi Baru Terbarukan. Dalam sektor FOLU, Laksmi menjelaskan bahwa hasil pemantauan perubahan tutupan hutan dari tahun 2020 hingga 2021 menunjukkan Angka Deforestasi Netto Indonesia pada tahun 2021-2022 mengalami penurunan sebesar 8,4%.

Pernyataan Nasional Presiden Republik Indonesia dalam forum ini mendapat apresiasi dari berbagai negara. Presiden Joko Widodo juga diakui dalam beberapa forum atas pencapaian penurunan emisi, terutama terkait restorasi mangrove dan penurunan deforestasi.

"Pengakuan internasional kepada RI sangat positif. Demikian pula pada pertemuan bilateral, yang mana, Sekretaris Jenderal PBB dan juga PM Norway memberikan apresiasi atas progress RI dalam inisiatif aktif serta kemajuan aksi iklim menurunkan emisi, khususnya dalam restorasi mangrove serta penurunan deforestasi yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir hingga sekarang," ungkap Menteri Siti dikutip dari Good News From Indonesia.

Beri rating artikelnya!

Seberapa puaskah kamu?

coin

Selamat kamu berhasil dapetin Connx Coin! Terus explore untuk mendapatkan Coin lebih banyak!