Get the Connx App

Click here to learn more

connx-coin 38

by Connx ● February 23, 2024

GBK jadi ruang terbuka hijau dengan listrik 100% energi baru terbarukan

● Economy 5.0 1 206x bm-ic share-ic

Gelora Bung Karno (GBK), yang sebelumnya dikenal sebagai pusat kegiatan olahraga, kini telah bermetamorfosis menjadi lebih dari sekadar stadion megah. Dengan langkah revolusioner, GBK kini menjadi ruang terbuka hijau pertama di Indonesia yang sepenuhnya didukung oleh listrik 100% energi baru terbarukan.

Predikat prestisius ini diperoleh setelah PT PLN (Persero) secara resmi menghadirkan pasokan listrik hijau melalui layanan sertifikat energi terbarukan (REC). Dengan kapasitas sebesar 5,54 Mega Volt Ampere (MVA), GBK kini menerima daya listrik yang mengalir melalui sumber-sumber energi terbarukan, termasuk matahari, angin, air, dan biomassa.

Baca Juga: Konser Ed Sheeran pindah ke JIS, karena ada tanding Timnas vs Vietnam

Selama setahun terakhir, GBK telah menerima lebih dari 8 juta kilowatt-hour (kWh) energi baru terbarukan yang telah disediakan oleh PLN. Langkah ini diambil dalam upaya untuk mengurangi jejak karbon dan mendukung visi pembangunan berkelanjutan yang diadopsi oleh GBK.

Pendekatan ini juga dilengkapi dengan penerbitan sertifikat REC, yang memberikan pengakuan internasional atas penggunaan energi bersih yang transparan dan akuntabel. Sertifikat ini membuktikan bahwa setiap megawatt hour (MWh) listrik yang digunakan di GBK berasal dari sumber energi terbarukan, tanpa adanya kontribusi dari bahan bakar fosil.

Langkah inovatif ini disambut baik oleh pimpinan PLN dan GBK sebagai tonggak penting dalam menekan emisi karbon dan mempercepat transisi ke ekonomi berbasis rendah karbon. Ini juga sejalan dengan komitmen global untuk mencapai target Net Zero Emissions (NZE) pada tahun 2060.

Baca Juga: Indonesia akan ciptakan 4,4 Juta lapangan kerja Green Jobs di tahun 2030

GBK, dengan langkahnya yang luar biasa ini, tidak hanya menjadi pusat olahraga yang unggul, tetapi juga teladan bagi bangunan dan fasilitas publik lainnya di Indonesia. Diharapkan bahwa langkah GBK ini akan memotivasi dan menginspirasi sektor-sektor lain untuk mengadopsi praktik yang ramah lingkungan, mendukung upaya pemerintah dalam menjaga keberlanjutan lingkungan hidup, serta melindungi bumi kita dari dampak perubahan iklim yang semakin merusak.

Jika Connx People suka dengan artikel ini, jangan lupa untuk share! Ayo baca artikel di Connx.id lainnya dan dapatkan pengalaman membaca berbeda dari yang lain. Di sini kamu bisa kumpulkan koin yang dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah menarik.

 

Sumber: Good News From Indonesia

 

Beri rating artikelnya!

Seberapa puaskah kamu?

photo profile

shivaagnr

wah keren banget! semoga kedepannya gbk dan tempat lainnya berinovasi lebih salam menciptakan lingkungan yang hijau dan damah lingkungan

25 February 2024

coin

Selamat kamu berhasil dapetin Connx Coin! Terus explore untuk mendapatkan Coin lebih banyak!