Get the Connx App

Click here to learn more

connx-coin 37

by Connx ● May 03, 2024

Bos Microsoft Investasi Rp 27,6 Triliun di Indonesia

● Business 5.0 1 139x bm-ic share-ic

CEO Microsoft, Satya Nadella, telah menegaskan komitmennya untuk menggelontorkan investasi besar di Indonesia. Dalam kunjungannya ke Republik Indonesia dan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada Selasa (30/4/2024), Nadella mengumumkan bahwa Microsoft berencana menginvestasikan dana sebesar US$ 1,7 miliar atau sekitar Rp 27,6 triliun di Indonesia. 

Angka ini jauh melampaui komitmen investasi yang diumumkan oleh Apple sebelumnya, yang bernilai Rp 1,6 triliun.Investasi Microsoft di Indonesia akan difokuskan pada pengembangan infrastruktur cloud dan talenta digital di sektor kecerdasan buatan (AI). 

Baca Juga: UNESCO rilis panduan tentang penggunaan kecerdasan buatan generatif dalam pendidikan

Dalam pertemuan tersebut, Direktur Utama Microsoft Indonesia, Dharma Simorangkir, menyampaikan bahwa Presiden Jokowi telah meminta Microsoft untuk turut mengembangkan riset di Indonesia, khususnya dalam pembentukan digital talent di bidang AI.

Pemerintah Indonesia, melalui Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, telah menawarkan beberapa lokasi potensial untuk pendirian pusat riset bersama antara Microsoft dan pemerintah Indonesia. Salah satunya adalah Bali dan Kawasan Ekonomi Khusus Indonesia (IKN), serta dukungan dalam pengembangan smart city di IKN.

Pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) di Indonesia akan memiliki dampak yang luas, termasuk dalam sektor agrikultur seperti pertanian dan perikanan. Menurut Menkominfo Budi Arie, pusat riset menjadi kunci penting dalam transformasi digital di Indonesia, yang juga menjadi fokus utama pemerintah.

Baca Juga: Asal usul munculnya kecerdasan buatan yang sekarang banyak digunakan

Microsoft berkomitmen untuk mencetak 840.000 talenta digital khusus AI di Indonesia dalam 4 tahun mendatang. Hal ini akan membantu Indonesia memiliki sumber daya manusia yang mumpuni dalam menghadapi era transformasi digital global, dan memungkinkan Indonesia tidak hanya menjadi konsumen, tetapi juga berperan aktif dalam ekosistem digital global.

Dengan investasi dan komitmen Microsoft yang besar, diharapkan Indonesia dapat memperkuat posisinya dalam peta digital global, serta meningkatkan daya saing dan inovasi dalam berbagai sektor ekonomi.

Jika Connx People suka dengan artikel ini, jangan lupa untuk share! Ayo baca artikel di Connx.id lainnya dan dapatkan pengalaman membaca berbeda dari yang lain. Di sini kamu bisa kumpulkan koin yang dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah menarik.

Beri rating artikelnya!

Seberapa puaskah kamu?

photo profile

Dewimaxi

Emmm

18 May 2024

coin

Selamat kamu berhasil dapetin Connx Coin! Terus explore untuk mendapatkan Coin lebih banyak!