Get the Connx App

Click here to learn more

connx-coin 30

by Connx ● May 03, 2024

Bandara Internasional RI akan Dikurangi Menjadi 17 dari 34

● Business 5.0 0 203x bm-ic share-ic

Kementerian Perhubungan telah mengambil langkah drastis dengan memangkas jumlah bandara internasional dari 34 menjadi 17 bandara, sebagaimana yang tertuang dalam Keputusan Menteri Nomor 31/2024. 

Meskipun langkah ini diambil demi efisiensi dan kendali yang lebih baik, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyampaikan harapannya agar hal ini tidak memengaruhi konektivitas dan operasional setiap bandara.

Baca Juga: Soekarno-Hatta resmikan 78 autogate, jadi bandara terbanyak autogate

Menurut Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama, Nia Niscaya, keputusan tersebut mungkin lebih mudah dikendalikan dalam hal aksesibilitas, terutama jika negara-negara lain juga hanya memiliki satu atau dua bandara. 

Namun, dia juga menggarisbawahi pentingnya mempertahankan konektivitas yang baik dan waktu tunggu yang minimal agar tidak berdampak negatif.

Nia berharap bahwa kebijakan tersebut tetap dapat memudahkan pergerakan wisatawan nusantara dan mendatangkan wisatawan mancanegara. Dia menyoroti pentingnya perjalanan darat, terutama di Pulau Jawa, dalam mendukung sektor pariwisata. 

Baca Juga: Paspor RI akan Berganti Warna pada 17 Agustus 2024

Penyusunan keputusan ini, menurutnya, telah melalui pertimbangan matang, dengan memilih 17 Bandar Udara Internasional yang paling sibuk, termasuk Bandara Internasional Soekarno Hatta Tangerang dan Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali.

Keputusan ini juga dilatarbelakangi oleh praktik serupa di negara-negara lain yang juga membatasi penerbangan untuk wisatawan mancanegara. Hal ini, menurut Nia, juga memudahkan dalam hal pemantauan dan pengendalian. 

Langkah ini disikapi sebagai sebuah kebijakan besar yang telah dipertimbangkan secara matang, dengan memperhitungkan faktor-faktor yang relevan.

Jika Connx People suka dengan artikel ini, jangan lupa untuk share! Ayo baca artikel di Connx.id lainnya dan dapatkan pengalaman membaca berbeda dari yang lain. Di sini kamu bisa kumpulkan koin yang dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah menarik.


 

Beri rating artikelnya!

Seberapa puaskah kamu?

coin

Selamat kamu berhasil dapetin Connx Coin! Terus explore untuk mendapatkan Coin lebih banyak!