Get the Connx App

Click here to learn more

connx-coin 42

by Connx ● February 16, 2024

Bali resmi pungut pajak elektronik Rp150.000 untuk turis

● Business 5.0 0 151x bm-ic share-ic

Pada tanggal 14 Februari, pulau Bali, destinasi pariwisata terkemuka di Indonesia, secara resmi menerapkan pajak elektronik sebesar Rp150.000 untuk para turis. Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya untuk melindungi dan melestarikan budaya serta lingkungan di Pulau Dewata.

Dinuki dari VOA, pajak baru ini diumumkan oleh Pelaksana Tugas Gubernur Bali, Sang Made Mahendra Jaya, dalam sebuah upacara peluncuran yang digelar pada hari Senin. Menurutnya, pungutan ini memiliki tujuan untuk menjaga kelestarian budaya unik dan lingkungan alam Bali, yang selama ini menjadi daya tarik utama bagi wisatawan dari berbagai belahan dunia.

Baca Juga: Jalan tol Padang - Sicincin mulai beroperasi pada Juli 2024

Para wisatawan asing yang masuk ke Bali dari luar negeri atau dari wilayah lain di Indonesia akan dikenakan pajak sebesar Rp150.000. Namun, penting untuk dicatat bahwa pajak ini tidak berlaku bagi wisatawan domestik.

Proses pembayaran pajak dilakukan secara elektronik melalui portal online bernama "Love Bali", yang telah disediakan oleh pemerintah setempat. Melalui platform ini, turis dapat dengan mudah membayar pajak wisata sebelum memasuki pulau Bali.

Dalam pengumumannya, Sang Made Mahendra Jaya menekankan bahwa langkah ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan pendapatan daerah, tetapi juga untuk memberikan kontribusi positif dalam menjaga keberlangsungan lingkungan dan budaya Bali. Dia juga menambahkan bahwa dana yang terkumpul dari pajak ini akan dialokasikan untuk program-program konservasi lingkungan serta upaya pelestarian warisan budaya Bali.

Pengenalan pajak ini juga merupakan respons terhadap berbagai peristiwa yang melibatkan perilaku tidak pantas dari beberapa wisatawan asing di Bali, termasuk insiden di mana sejumlah turis berpose tanpa busana di area suci dan di jalanan.

Baca Juga: Private Jet Villa, hotel mewah di Bali dari pesawat Boeing 737

Sebelumnya, pemerintah setempat telah berupaya untuk menegakkan norma dan etika bagi wisatawan yang berkunjung ke Bali dengan menerbitkan panduan etika khusus. Namun, dengan diberlakukannya pajak ini, diharapkan dapat memberikan tekanan tambahan bagi para pelancong untuk menghormati budaya dan lingkungan setempat.

Meskipun masih terlalu dini untuk mengevaluasi dampak pajak ini secara menyeluruh, langkah ini mencerminkan komitmen Bali dalam menjaga keberlanjutan pariwisata dan memastikan bahwa kunjungan para wisatawan memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat dan lingkungan setempat. 

Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa bagikan! Ayo baca artikel di Connx.id dan dapatkan pengalaman membaca berbeda dari yang lain. Di sini kamu bisa kumpulkan koin yang dapat ditukarkan dengan beragam hadiah menarik.

Beri rating artikelnya!

Seberapa puaskah kamu?

coin

Selamat kamu berhasil dapetin Connx Coin! Terus explore untuk mendapatkan Coin lebih banyak!