Get the Connx App

Click here to learn more

connx-coin 42

by Connx ● October 13, 2023

Baduy Dalam resmi jadi wilayah tanpa internet

● Society 5.0 0 957x bm-ic share-ic

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kini telah memutus layanan internet yang tersebar di wilayah Baduy Dalam, Banten. Indosat Ooredoo Hutchison adalah penyedia layanan internet yang paling terdampak disebabkan keputusan ini.

"Berdasarkan hasil verifikasi lapangan dan koordinasi dengan operator seluler, ditemukenali bahwa upaya pembatasan/penghilangan sinyal hanya diperlukan untuk IOH," kata Usman Kansong selaku Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP).

Menurutnya, pemutusan layanan internet tersebut sudah disesuaikan dengan kebijakan pemerintah daerah untuk menghapus layanan telekomunikasi seluler di Desa Ulayat Baduy. Usman juga menjabarkan jika pemutusan sinyal tersebut sudah dilaksanakan oleh IOH pada pertengahan bulan September 2023.

Dia menyebutkan jika operator seluler telah mengatur cakupan sinyal agar tidak sampai ke wilayah kampung Baduy Dalam. Walau demikian ia tidak dapat memastikan jika masih ada beberapa wilayah yang mendapat layanan telekomunikasi di Baduy Dalam, hal ini disebabkan faktor geografis.

"Tetapi memang kemungkinan masih ada pantulan sinyal internet dari Baduy Luar ke dalam bisa saja terjadi karena posisi geografisnya Baduy Dalam konturnya flat tidak ada bloking sinyal karena tidak ada bukit," lanjut dia.

Image courtesy: france24

Mengutip dari CNN, keputusan ini dimulai ketika para tetua adat Baduy meminta agar transmisi internet dihilangkan di wilayah Baduy Dalam, Desa Kanekes, Leuwidamar, dan Lebak. Mereka berupaya mencegah konten-konten internet berbahaya berdampak pada masyarakat Baduy.

Permintaan itu disampaikan lewat surat yang sudah dibubuhi tanda tangan dari Tangtu Tilu Jaro Tujuh, Wakil Jaro Tangtu, Tanggungan Jaro 12, Wakil Jaro Warega, serta diketahui oleh Jaro Pamarentah atau Kepala Desa Kanekes kepada Pemerintah Kabupaten Lebak, pada 1 Juni lalu.

Kepala Desa Kanekes, Saidja menyebutkan jika kawasan Baduy Dalam memiliki aturan adat lebih konservatif dibanding kawasan Baduy Luar. Walaupun demikian, terdapat sejumlah wisatawan yang datang dan  diam-diam menggunakan handphone di Baduy Dalam. Menurutnya perilaku wisatawan itu menyulut amarah para tetua adat. Para tetua adat pun mengirimkan surat ke Pemerintah Kabupaten Lebak untuk menghapus koneksi internet di Baduy Dalam.

Saat ini, sinyal internet di Baduy Dalam telah dihapuskan. Saidja berharap pemutusan sinyal internet akan menjadikan wisatawan lebih menaati peraturan yang diterapkan di Baduy.

"Memang tetua adat enggak suka kalau ada sinyal di sana [Baduy Dalam], iya masih ada yang suka diam-diam main handphone padahal enggak boleh. Setiap ada tamu yang datang, saya sudah sering bilang untuk taati peraturan adat," kata Saidja.

Beri rating artikelnya!

Seberapa puaskah kamu?

coin

Selamat kamu berhasil dapetin Connx Coin! Terus explore untuk mendapatkan Coin lebih banyak!