Get the Connx App

Click here to learn more

connx-coin 29

by Connx ● February 23, 2024

Aturan Resmi Terbit untuk Listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap

● Business 5.0 0 260x bm-ic share-ic

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah mengeluarkan aturan resmi terkait penggunaan listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap. 

Peraturan Menteri ESDM Nomor 2 Tahun 2024 tentang PLTS Atap yang Terhubung pada Jaringan Tenaga Listrik Pemegang Izin Usaha Penyediaan Tenaga Listrik untuk Kepentingan Umum (IUPTLU) telah diterbitkan, mengatur berbagai aspek terkait ekspor-impor listrik dan penggunaan energi terbarukan.

Dalam aturan ini, pemerintah menetapkan bahwa listrik dari PLTS Atap hanya dapat digunakan untuk kebutuhan sendiri oleh pengembang, dan tidak lagi diperbolehkan untuk diekspor ke pemegang IUPTLU. 

Baca Juga: Indonesia akan ciptakan 4,4 Juta lapangan kerja Green Jobs di tahun 2030

Pasal 13 dari peraturan tersebut menyatakan bahwa kelebihan energi listrik dari PLTS Atap yang masuk ke jaringan Pemegang IUPTLU tidak akan diperhitungkan dalam penentuan jumlah tagihan listrik Pelanggan PLTS Atap.

Aturan ini, yang ditetapkan pada 29 Januari 2024 oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif, juga mengatur penyusunan kuota pengembangan Sistem PLTS Atap untuk jangka waktu lima tahun. 

Pemegang IUPTLU diwajibkan untuk menyusun kuota pengembangan tersebut, dengan mempertimbangkan arah kebijakan energi nasional, rencana usaha penyediaan tenaga listrik, dan keandalan Sistem Tenaga Listrik.

Baca Juga: Green Hydrogen bahan bakar baru, lebih murah dari BBM!

Diharapkan, dengan diterbitkannya aturan ini, penggunaan energi terbarukan dari PLTS Atap dapat dioptimalkan untuk memenuhi kebutuhan sendiri, sambil mendukung langkah-langkah pemerintah dalam mendorong transisi menuju energi yang lebih bersih dan berkelanjutan.

Jika Connx People suka dengan artikel ini, jangan lupa untuk share! Ayo baca artikel di Connx.id lainnya dan dapatkan pengalaman membaca berbeda dari yang lain. Di sini kamu bisa kumpulkan koin yang dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah menarik.

 

Sumber: Antara

Beri rating artikelnya!

Seberapa puaskah kamu?

coin

Selamat kamu berhasil dapetin Connx Coin! Terus explore untuk mendapatkan Coin lebih banyak!