Get the Connx App

Click here to learn more

connx-coin 35

by Connx ● June 03, 2024

ASUS Rilis ROG Ally X, Handheld Gaming dengan Baterai Lebih Besar

● Gaming 5.0 0 114x bm-ic share-ic

ASUS baru saja umumkan device handheld gaming terbarunya di event Computex 2024. Diberi nama ROG Ally X, ASUS membawa peningkatan yang signifikan untuk perangkatnya tersebut. ROG Ally X akan menjadi suksesor atau versi upgrade dari seri pertamanya ROG Ally yang rilis di tahun lalu.

Di sektor jeroan, ASUS masih mengandalkan APU AMD Ryzen Z1 Extreme yang memilik kecepatan hingga 5,1 GHz. Konsol ini juga punya iGPU RDNA 3 dengan 12 unit komputasi untuk menopang performa grafisnya.

A person sitting at a desk playing with the ROG Ally X, with Starfield on screen.

Image by ASUS

Bagian layar juga jadi hal yang masih dipertahankan tanpa banyak perubahan dari ASUS. ROG Ally X bakal dibekali layar 7 inch beresolusi Full HD dengan refresh rate 120Hz dan kecerahan hingga 500 nits. Di sisi desain, perangkat baru ini punya bobot 70 gram lebih berat dan lebih tebal 4,5mm dari pendahulunya.

Perubahan ini ASUS tukar dengan update fitur yang sangat signifikan. ROG Ally X bakal dijejali dengan kapasitas baterai 2 kali lebih besar dari yang sebelumnya, yakni dari 40Wh menjadi 80Wh. ASUS juga berikan update di sektor penyimpanan. Mulai dari RAM yang sebelumnya berkapasitas 16GB kini menjadi 24GB yang menawarkan experience permainan yang lebih mulus. Penyimpanan internal pun naik dari 512 GB jadi 1 TB, serta perubahan dari SSD menjadi SSD PCIe NVMe sehingga memungkinkan pergantian drive yang lebih murah dan mudah.

A view of the D-Pad and left thumbstick of the ROG Ally X.

Image by ASUS

Untuk kenyamanan interface pengguna, konektivitas GPU eksternal yang tadinya menggunakan port ROG XG Mobile diubah jadi port USB Type-C dengan kemampuan isi daya hingga 100 watt. Sistem pendinginan di ROG Ally X juga mendapatkan pembenahan. Bilah kipas yang lebih tipis namun dapat mengirim airflow yang 24% lebih efektif. Hal ini diklaim ASUS mampu turunkan suhu hingga 6 derajat celcius. Joystick juga dapatkan pembaharuan. Dengan seri terbaru diklaim akan lebih tahan lama hingga 2 kali lipat dengan grip yang jauh lebih baik.

ROG Ally X saat ini sudah tersedia untuk pre-order dengan Harga mulai dari USD 799 atau sekitar 12,9 juta rupiah dan diharapkan mulai tersedia di pasaran pada bulan Juli 2024.

Beri rating artikelnya!

Seberapa puaskah kamu?

coin

Selamat kamu berhasil dapetin Connx Coin! Terus explore untuk mendapatkan Coin lebih banyak!