Get the Connx App

Click here to learn more

connx-coin 36

by Connx ● February 05, 2024

Angka pengangguran turun 130 ribu orang pada 2023

● Society 5.0 0 167x bm-ic share-ic

Berdasarkan laporan terbaru dari Badan Pusat Statistik (BPS), angka pengangguran di Indonesia mencapai 7,86 juta orang pada Agustus 2023. Meskipun masih tinggi, jumlah ini menunjukkan penurunan sekitar 6,77% atau sekitar 560 ribu orang dibandingkan dengan Agustus 2022.

Baca Juga: Pedagang kaki lima wajib punya sertifikat Halal mulai Oktober 2024

Perjalanan Pengangguran dalam Tiga Tahun Terakhir

Jumlah pengangguran di Indonesia mengalami fluktuasi dalam tiga tahun terakhir, terutama sejak mencapai puncak tertinggi di awal pandemi Covid-19 pada Agustus 2020. Pada saat itu, jumlah pengangguran mencapai 9,77 juta orang, meningkat sebanyak 2,67 juta orang dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Pada Agustus 2021, terjadi penurunan signifikan dengan tingkat pengangguran terbuka (TPT) mencapai 6,49 persen atau setara dengan 9,10 juta orang. Meskipun menurun, angka ini masih lebih tinggi dibandingkan dengan Agustus 2020.

Tren Angka Pengangguran

Meskipun terus mengalami penurunan dalam tiga tahun terakhir, angka pengangguran Agustus 2023 masih lebih tinggi dibandingkan dengan periode sebelum pandemi. Pada Februari 2019, sebelum adanya pandemi, jumlah pengangguran mencapai 7,05 juta orang. Meskipun ada peningkatan sejak itu, tren menurun dalam beberapa tahun terakhir memberikan harapan untuk pemulihan ekonomi.

Komposisi Pengangguran

Data pengangguran di Indonesia mencakup empat kelompok penduduk, yakni:

  1. Penduduk yang tak punya pekerjaan dan sedang mencari pekerjaan.

  2. Penduduk yang tak punya pekerjaan dan sedang mempersiapkan usaha.

  3. Penduduk yang tak punya pekerjaan dan tidak mencari pekerjaan karena merasa tidak mungkin mendapat pekerjaan.

  4. Penduduk yang sudah punya pekerjaan, tapi belum mulai bekerja.

Baca Juga: Jokowi ubah nama hari libur Isa Almasih jadi Yesus Kristus

Analisis data ini memberikan gambaran yang lebih komprehensif tentang kondisi pengangguran di Indonesia, membantu merinci situasi yang dihadapi oleh berbagai kelompok masyarakat.

Dengan adanya upaya pemerintah dan berbagai sektor untuk mendukung pemulihan ekonomi, diharapkan bahwa tren penurunan pengangguran ini dapat terus berlanjut, menciptakan peluang kerja yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia.

Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa bagikan! Ayo baca artikel di Connx.id dan dapatkan pengalaman membaca berbeda dari yang lain. Di sini kamu bisa kumpulkan koin yang dapat ditukarkan dengan beragam hadiah menarik. 

Beri rating artikelnya!

Seberapa puaskah kamu?

coin

Selamat kamu berhasil dapetin Connx Coin! Terus explore untuk mendapatkan Coin lebih banyak!