Get the Connx App

Click here to learn more

connx-coin 50

by Connx ● December 19, 2022

9 mitos yang menghantui startup

● Startup 5.0 0 4,2k bm-ic share-ic

Memulai bisnis, khususnya startup, seringkali diselimuti mitos dan kesalahpahaman. Mitos-mitos ini bisa berbahaya, karena dapat membuat calon wirausahawan enggan mengejar impian mereka atau membawa mereka ke jalan yang salah saat mereka mencoba menavigasi dunia startup. Berikut adalah 9 mitos startup dan kebenaran yang tersembunyi di baliknya.

1. Kamu membutuhkan modal usaha (venture capital)

Kebenarannya? Beberapa startup mendapatkan keuntungan besar dari capital venture, terutama di bidang teknologi. Tapi banyak bisnis yang bisa kamu dirikan melalui metode bootstrap, terutama di tahap-tahap awal bisnis itu berdiri. Jika kamu dapat membangun suatu bisnis tanpa perlu mengeluarkan uang, mulai saja dulu. 

2. Kamu membutuhkan tim yang besar

Mungkin kebenaran yang satu ini serupa dengan yang pertama. Dalam artian, kamu tidak perlu memiliki tim yang banyak untuk dapat berfungsi. Faktanya, tim yang sedikit tapi berkualitas akan lebih efektif sampai tonggak pencapaianmu yang baru.  

3. Kamu harus bekerja 80 jam per minggu dan terus begadang untuk jadi sukses

Tentu saja dalam merintis suatu usaha, kamu perlu bekerja keras. Tapi kamu bisa tetap melakukannya tanpa menghancurkan kesehatanmu. Justru, membangun pola hidup yang sehat dapat membuatmu lebih produktif kedepannya.

4. Kamu harus menunda laba demi pertumbuhan selama 5 tahun pertama

Kebenarannya? Menginvestasikan segalanya dan lebih banyak lagi ke dalam pertumbuhan telah menjadi tren selama sekitar satu dekade terakhir. Tetapi pada akhirnya, bisnis adalah tentang menghasilkan uang. Fokus pada peningkatan margin bersamaan dengan meninjau pertumbuhan perusahaan.

5. Ide terbaik akan menang di pasar

Memiliki ide yang bagus itu penting, tetapi mengeksekusi idenya dengan bagus itu lebih penting. Sebagian besar ide tidak berharga dengan sendirinya. Kamu membuat suatu ide menjadi berharga dengan eksekusi dan iterasi.

6. Kamu harus menjauhi diri dari orang-orang sehingga mereka tidak mencuri idemu

Faktanya, kamu memerlukan umpan balik terus-menerus untuk membangun produk hebat. Pergilah keluar dan bicaralah dengan berbagai founder dan pelanggan untuk mendapatkan ide dan masukan sehingga kamu dapat membuat produkmu jadi lebih baik.

7. Bangun produk bagus, dan orang-orang akan membelinya dengan sendirinya

Produk yang hebat membuat segalanya menjadi 10 kali lebih mudah, tetapi produk hebat tidak akan terjual dengan sendirinya. Kuncinya ada di distribusi. Kamu perlu mempelajari cara menjualnya atau mempekerjakan seseorang yang bisa.

8. Kamu harus melakukan 'sesuatu' terlebih dahulu sebelum memulai membuat startup

Sesuatu atau “X” itu bisa datang dalam bentuk apa saja. Seperti belajar di universitas dan mendapatkan gelar sarjana, bekerja di startup, atau minimal berusia 25 tahun. Semua itu adalah keyakinan yang hanya akan membatasi peluang. Kalau kamu ingin membangun startup tapi belum memiliki pendidikan formal, jangan ragu untuk memulai. Kalau didukung oleh strategi yang matang dan tim yang kuat, kamu bisa mulai membangun startup di mana saja, dan kapan saja. Jangan jadikan konstruksi sosial sebagai hambatan. 

9. Kamu akan bahagia setelah mencapai tonggak pencapaian tertentu

Kebahagiaan datang dari mendapatkan makna dari hari ke hari, bukan dari mencapai angka pendapatan atau kekayaan ketika sudah berada di puncak. Kamu perlu menemukan kesenangan dalam prosesnya. Dengan begitu, kamu akan menjalani proses membangun startup dengan pemikiran yang positif dan hasilnya juga akan berdampak positif pada tim.

 

Beri rating artikelnya!

Seberapa puaskah kamu?

coin

Selamat kamu berhasil dapetin Connx Coin! Terus explore untuk mendapatkan Coin lebih banyak!