Get the Connx App

Click here to learn more

connx-coin 50

by Connx ● July 25, 2023

7 band yang menggunakan angka di namanya dan arti di baliknya

● Music 5.0 0 2,1k bm-ic share-ic

Nama band “The 1975” sedang ramai dibicarakan saat ini lantaran kontroversi yang dilakukan oleh sang vokalis band Matty Healy. Akibat hal tersebut, “The 1975” harus membatalkan konsernya di dua negara Asia Tenggara yakni Malaysia dan Indonesia. 

Selain “The 1975”, terdapat beberapa band lain yang juga menyematkan angka dalam nama grupnya. Berikut adalah 7 daftar band yang menggunakan angka di namanya:

1. Blink-182

Image Courtesy: billboard.com

Blink-182 adalah sebuah band rock asal Amerika yang dibentuk di Poway, California pada tahun 1992. Band ini beranggotakan bassis dan vokalis Mark Hoppus, dan drummer Travis Barker. Merujuk pada laman impeccablenestdesign.com,  nama asli band ini adalah "Blink", tetapi mereka terpaksa mengubahnya karena adanya gugatan hukum dari sebuah band Irlandia yang memiliki nama yang sama. Menurut Mark Hoppus, mereka secara acak memilih angka "182" dan meletakkannya di akhir nama agar terdengar lebih misterius dan menarik. Melansir dari laman dyingscene.com, terdapat sebuah teori bahwa angka “182” dipilih karena angka tersebut merupakan jumlah aktor Al Pacino ‘mengumpat’ dalam film Scarface. 

2. Thirty Seconds to Mars

Image Courtesy: rollingstones.com

Thirty Seconds to Mars adalah sebuah band rock Amerika dari Los Angeles, California, yang dibentuk pada tahun 1998. Band ini terdiri dari kakak beradik Jared Leto dan Shannon Leto. Nama “Thirty Seconds to Mars” konon diambil dari sebuah manuskrip langka Yunani yang disebut ‘Argus Apocraphex’. Melansir dari laman americansongwriter.com, Jared menjelaskan arti nama band ini dalam sebuah wawancara pada tahun 2005 silam. Menurutnya, “Thirty Seconds to Mars” merupakan sebuah metafora yang konyol di satu sisi, namun imajinatif dan benar-benar mewakili suara musik mereka dengan cara yang seunik mungkin. Ia juga menambahkan bahwa ‘Mars’ diambil dari nama Dewa Perang, Mars. 

3. Maroon 5

Image Courtesy: liveabout.com

Maroon 5 adalah sebuah band pop rock Amerika dari Los Angeles, California. Terdiri dari vokalis Adam Levine, gitaris ritme dan kibordis Jesse Carmichael, gitaris utama James Valentine, drummer Matt Flynn, kibordis PJ Morton, dan multi-instrumentalis serta bassis Sam Farrar. Melansir dari laman jezebel.com, rumor utama tentang bagaimana nama “Maroon 5” berasal yakni beberapa anggota band ini pernah bersekolah di Five Towns College di Long Island, meskipun mereka tidak lulus dari sekolah tersebut. Maskot sekolah ini adalah ‘The Sounds’, dan warnanya adalah merah marun dan putih. Mereka mendapatkan "5" dari nama sekolah dan "Maroon" dari warna sekolah untuk digunakan dalam nama bandnya.

4. Twenty One Pilots

Image Courtesy: bbc.com

Twenty One Pilots adalah duo musik Amerika dari Columbus, Ohio. Awalnya merupakan sebuah band, grup ini dibentuk pada tahun 2009 oleh vokalis utama Tyler Joseph bersama dengan Nick Thomas dan Chris Salih, yang keduanya hengkang pada tahun 2011. Sejak kepergian mereka, formasi band ini terdiri dari Joseph dan drummer Josh Dun. Melansir pada laman bustle.com, dalam sebuah wawancara tahun 2012 dengan The University of Akron's Lowdown, Joseph mengungkapkan nama bandnya terinspirasi dari sebuah drama yang sedang dipelajarinya. Dalam drama itu, seseorang membuat keputusan dan mereka mengirimkan suku cadang pesawat yang rusak selama perang, dan 21 pilot tewas karena mengirimkan suku cadang tersebut. Kedengarannya suram, tetapi pada akhirnya Joseph memilih nama tersebut agar ia dan rekannya selalu diingatkan bahwa mereka harus membuat keputusan yang tepat, meskipun keputusan tersebut bukanlah keputusan yang paling mudah.

5. 5 Seconds of Summer

Image Courtesy: creativedisc.com

5 Seconds of Summer atau yang sering disingkat menjadi 5SOS, adalah sebuah band pop rock Australia dari Sydney, New South Wales, yang dibentuk pada akhir tahun 2011. Grup ini terdiri dari vokalis dan gitaris ritme Luke Hemmings, gitaris utama Michael Clifford, bassis Calum Hood, dan drummer Ashton Irwin. Semua pujian untuk nama tersebut diberikan kepada Michael yang pada dasarnya memikirkan nama tersebut secara spontan. Merujuk pada laman bustle.com, Calum mengatakan bahwa saat itu ia bersama Luke dan Michael sedang berada di dalam kelas saat bersekolah di Norwest Christian College. Saat itu mereka memutuskan untuk membentuk sebuah band, dan Michael mengusulkan band mereka dinamai ‘5 Seconds of Summer’ melalui sebuah pesan teks yang ditujukan untuk Calum dan Luke. Sampai saat ini, seluruh penggemar masih bertanya tanya alasan dibalik nama “5 Seconds of Summer” meskipun band tersebut hanya dianggotai 4 orang. 

6. Sheila On 7

Image Courtesy: sheilaon7.com

Sheila On 7 adalah grup musik pop rock Indonesia asal Yogyakarta. Didirikan oleh sekelompok pelajar SMA pada 6 Mei 1996, grup musik ini sekarang beranggotakan Akhdiyat Duta Modjo (Duta), Eross Candra (Eross) dan Adam Muhammad Subarkah (Adam). Alasan Duta cs menamakan band “Sheila On 7” yakni nama itu diambil dari sahabat Eross bernama Sheila. Erros menjelaskan bahwa ia memperkenalkan Sheila kepada rekan bandnya. Dari pertemuan itu membuatnya memutuskan untuk memberi nama bandnya itu “Sheila”. Sebelum diberi nama Sheila On 7, Duta dan Adam dan Eross memberi nama band mereka “Sheilagank” yang memiliki arti ‘teman-temannya Sheila’. Namun, nama tersebut tidak mendapatkan persetujuan dari produser. Duta, Adam dan Eross kemudian mengubah nama Sheilagank menjadi Sheila On 7 yang memiliki makna ‘teman-teman Sheila yang memainkan 7 nada’.

7. OneRepublic 

Image Courtesy: billboard.com

OneRepublic adalah sebuah band pop rock Amerika yang dibentuk di Colorado Springs, Colorado pada tahun 2002. Formasi band saat ini terdiri dari Ryan Tedder, Zach Filkins, Drew Brown, Brent Kutzle, Eddie Fisher, dan Brian Willett. Sebelumnya band ini bernama “Republic” yang kemudian diganti menjadi “OneRepublic” setelah mengetahui ada band yang memiliki nama serupa. Angka satu atau 'One' dalam nama mereka merupakan simbol persatuan serta sebuah panggilan atas keyakinan mereka bahwa musik adalah kekuatan yang mengikat. Band ini telah memadukan ritme musik dengan nada-nada yang menarik dan kata-kata yang mendalam.

Beri rating artikelnya!

Seberapa puaskah kamu?

coin

Selamat kamu berhasil dapetin Connx Coin! Terus explore untuk mendapatkan Coin lebih banyak!